Entertain, Rekomendasi, what's new

Nobar Timnas U23 Bisa Jadi Cuan Tambahan?!

Beberapa hari terakhir sosial media ramai membicarakan dunia sepak bola Indonesia, yakni timnas U23 yang sedang berlaga di Piala Asia 2024. Berita mereka kian menjadi perbincangan hangat ketika Garuda Muda berhasil menaklukan Korea Selatan melalui penalty setelah keduanya sama-sama kuat dengan skor 2-2.

Kemenangan Indonesia atas Korea Selatan ini menarik perhatian publik, pelatih Timnas Shin Tae-yong yang merupakan warga negara Korea Selatan harus mengubur mimpi negaranya tercintanya untuk maju ke babak semifinal. Saat semua pemain dan staf lainnya merayakan kemenangan Indonesia, ia justru terlihat menghampiri tim Korea Selatan satu per satu dan memberikan mereka semangat, tak ada senyuman yang merekah di wajahnya, dalam wawancara oleh media ia mengucapkan permintaan maafnya kepada Korea Selatan, ia berharap warga Korea tidak membencinya atas kejadian hari ini, bagaimanapun ia harus bekerja secara profesional sebagai pelatih Timnas Indonesia.

Timnas Indonesia pun resmi maju ke laga semifinal, menghadapi Uzbekistan. Permainan berlangsung pada hari Senin, 29 April 2024 pukul 9 malam. Masyarakat Indonesia ramai-ramai memberikan dukungannya pada timnas Indonesia ini, bahkan di beberapa tempat mengadakan ‘Nobar’ sebagai bentuk dukungan kepada timnas.

Sayangnya, Indonesia harus kalah dari Uzbekistan 2-0 pada laga semifinal, ini menandakan bahwa Indonesia tidak akan maju ke babak final. Namun, Indonesia masih berpeluang besar untuk maju ke Olimpiade Paris 2024 jika mereka berhasil menang saat menghadapi Timnas Irak U23 untuk memperebutkan posisi ketiga Piala Asia 2024. Sesuai jadwal, Timnas akan menghadapi Irak pada Kamis 2 Mei 2024 pukul 22:30 malam.

Jika kamu berencana untuk mengadakan nonton bersama-sama atau nobar di tempat usahamu sebagai bentuk dukungan timnas, maka kamu wajib melakukan hal ini lho! Apa aja ya?

Persiapan Mengadakan Nobar

1. Informasi

Untuk mengadakan acara nobar, kamu perlu memberikan informasi kepada pelanggan atau orang luar bahwa tempat usahamu (cafe atau tempat makan) mengadakan kegiatan nobar. Informasi ini bisa kamu berikan secara offline maupun online, jika offline kamu bisa mencetak spanduk atau mini banner yang berisi kegiatan nobar, informasi secara online yakni melalui sosial media yang usaha kamu punya.

2. Layar Lebar

Sesuai dengan konsep ‘nobar’ maka penontonnya berjumlah lebih dari 10 orang, maka kamu tidak bisa menggunakan tv dengan layar yang terbatas, sebagai gantinya kamu harus menggunakan layar lebar seperti kain putih atau kain polos lainnya dan kamu membeli proyektor yang bisa menampilkan pertandingan dengan kualitas HD.

3. Paket Makanan atau Minuman

Agar lebih menarik, kamu bisa membuat paket nobar di tempat usaha kamu. Mengingat pertandingan yang berlangsung cukup lama (sekitar 2 jam) maka penonton yang datang pasti merasa lapar dan haus, kamu bisa menawarkan paket nobar ke mereka.

Misal: Paket 1: Garuda Muda
(Kentang Goreng + Nugget + Es teh manis) dan paket lainnya dengan harga yang lebih murah. Hal ini guna menarik perhatian orang-orang untuk menonton pertandingan di tempatmu.

4. Sirkulasi Udara

Jika kamu memiliki cafe atau tempat usaha yang cukup tertutup, maka kamu perlu memastikan bahwa sirkulasi udara yang masuk aman, bayangkan jika yang hadir lebih dari 50. Namun, kamu tidak mempersiapkan sirkulasi udara atau AC dan kipas, maka semua yang menonton akan tidak merasa nyaman dan mudah gerah karena ruangan yang sempit dan sumpek.

Selain itu, adanya pertandingan timnas ini bisa kamu jadikan ide untuk membuka usaha baru lho! Bisa kamu jadikan usaha sampingan ataupun usaha utama di tempat usaha kamu, yakni membuat beberapa merchandise berbau sepak bola Indonesia yang bisa publik beli , bagi mereka yang datang langsung maupun ingin membelinya secara online. Nah, apa aja sih merchandise yang sering banyak pendukung timnas bola pakai?

Rekomendasi Merchandise Sepak Bola

1. Baju atau Kaos

Baju jersey atau bahan kaos yang berlambangkan Garuda Indonesia pasti banyak orang yang mencarinya lho! Apalagi kebanyakan dari mereka yang menonton pertandingan ini pasti mengenakan pakaian tersebut sebagai bentuk dukungan mereka, sambil bertuliskan nomor punggung jagoan mereka masing-masing ataupun yang bisa mereka custom.

Kamu bisa menyimpan beberapa stok baju ini di cafe kamu, siapa tahu mereka yang datang untuk nobar pertandingan Indonesia lupa membawa baju timnas ini dan tertarik membeli langsung di kamu deh!

2. Sticker Pipi

Stiker yang ditempel di bagian pipi ini juga banyak digunakan lho! Baik perempuan maupun laki-laki mereka menggunakan barang satu ini, jenis stikernya pun cukup beragam, ada yang bergambarkan bendera Indonesia, Garuda Indonesia ataupun lambang lainnya.

3. Syal

Tak hanya baju, terkadang Syal terlihat digunakan oleh pendukung sepak bola lho! Terlebih Syal sendiri cukup unik karena dipakai disekitar leher, kemudian syal bisa bertuliskan “Indonesia” atau tulisan lainnya. Syal sendiri sering dibentangkan oleh pendukung sebagai bentuk ekspresif dari dukungan mereka.

4. Totebag

Berkurangnya penggunaan plastik, menjadikan tas atau kantong belanja berbahan kain ini banyak digunakan, bahkan sudah menjadi budaya di Indonesia. Hampir semua minimarket, tidak lagi menyediakan kantong plastik, maka kamu harus bersiap membawa totebag atau kantong belanja guna membawa barang belanjaan kamu agar tidak perlu membeli lagi.

Totebag sendiri bisa custom gambar lho! Nah, hal ini bisa kamu manfaatkan untuk menempelkan logo Timnas, Garuda atau apapun yang berbau sepak bola Indonesia agar menarik perhatian mereka yang datang untuk nobar.

5. Tumbler

Pasti kamu sudah cukup sering melihat banyak orang yang membawa tumbler ketika berpergian? Menjual tumbler dengan logo timnas Indonesia atau garuda juga bisa jadi peluang bisnis baru untukmu lho! Terutama bagi mereka yang sangat menggilai sepak bola, pasti memberi barang seperti ini tidak sulit bagi mereka

Nah, berikut ide bisnis yang bisa kamu petik dari adanya pertandingan timnas Indonesia yang sedang ramai dibicarakan akhir-akhir ini. Selain membawa manfaat untuk Indonesia, semoga Timnas Indonesia juga bisa memberikan dampak yang baik untuk perekonomian usahamu ya!

Mari berikan doa dan dukungan terbaikmu untuk Timnas Indonesia semoga berpeluang besar masuk Olimpiade Paris 2024.

Related Posts