Bisnis Digital, Promosi & Branding, UMKM

Cemilan yang Bikin Cuan!

Pasti kamu tidak asing dengan kudapan atau cemilan satu ini? Yaitu Dimsum! Makanan satu ini banyak yang jual di beberapa tempat, bahkan semua kalangan usia baik tua dan muda menyukainya, lelaki maupun perempuan. Konon katanya, cemilan ini banyak yang suka karena enak dan lumayan mengenyangkan lho! Cocok untuk kaum yang hobi jajan, lagi males makan berat atau ga sempat sarapan hehehe.

Nah popularitas cemilan ini bisa kamu jadikan ide untuk buka usaha lho! Karena usaha cemilan satu ini juga cukup menjanjikan, apa iya? Berikut kelebihan dari usaha Dimsum !

Kelebihan Usaha Dimsum

1. Modal Terjangkau

Cemilan ini bisa kamu beli dengan harga yang terjangkau lho! Karena modal yang kamu butuhkan untuk membuat cemilan satu ini juga tidak mahal. Jadi, bisnis ini cocok banget lho untuk kamu coba, terutama pemula.Karena modal yang terjangkau, kamu bisa mencoba membuatnya berkali-kali hingga mendapatkan rasa yang sesuai dengan keinginan kamu.

2. Proses Masak Mudah

Kelebihan lainnya adalah cara membuat cemilan satu ini cukup mudah, resepnya pun bisa kamu temukan di berbagai kanal sosial media maupun blog, sehingga tidak sulit untuk kamu mengikuti arahan step-by-step nya.

3. Mudah Dipasarkan

Untuk menjual cemilan satu ini kamu tidak perlu bingung ketika menjualnya, karena cemilan ini termasuk olahan makanan yang bisa kamu jual secara online maupun offline. Jika kamu berencana menjual online yang bisa orang pesan dalam jarak tempuh cukup jauh, kamu bisa membuatnya dalam bentuk frozen, sehingga daya tahannya cukup lama. Tapi, kamu juga bisa menjualnya secara offline dengan membuka booth kecil di pinggir jalan yang mobilitasnya cukup tinggi.

4. Banyak Penggemarnya

Dimsum ini termasuk cemilan yang paling banyak penggemarnya dari semua kalangan usia lho! Dari anak kecil, remaja, hingga dewasa mereka semua menyukai cemilan satu ini. Apalagi, cemilan satu ini memiliki banyak varian rasa yang punya pasarnya masing-masing.

Contoh: bagi mereka yang tidak menyukai seafood, mereka masih bisa menikmati hidangan dimsum ayam, dimsum sosis atau dimsum lainnya. Sebaliknya jika ada yang sangat menyukai seafood, mereka bisa mencoba dimsum udang, dimsum crab dan lainnya. Agar usaha dimsum kamu dapat berjalan lancar, berikut beberapa hal yang perlu kamu perhatikan ketika menjalani bisnis usaha dimsum ini, apa aja ya?

Tips Lancar Usaha Dimsum

1. Memilih Target Pembeli

Tips ini kamu perlu perhatikan, terutama jika kamu berencana membuka toko offline. Jika target usia kamu adalah orang dewasa dengan rentan usia 20 ke atas, maka kamu bisa membuka booth makanan ini di sekitar lokasi perkantoran yang mobilitasnya cukup tinggi atau kamu bisa membuka booth ini di kantin karyawan atau belakang mall. Biasanya para karyawan mall akan pergi keluar mall untuk mencari makanan.

Jika target pembeli kamu adalah pelajar, maka kamu membuka booth di sekitar sekolah. Intinya kamu bisa memilih lokasi yang lebih strategis ketika sudah mengetahui siapa target pembeli, selain itu kamu juga bisa menyesuaikan harganya nanti, jangan sampai kamu berjualan di lingkungan sekolah. Namun harga yang kamu tawarkan cukup mahal.

2. Menjaga Kualitas

Jika kamu memiliki cita rasa yang selalu konsisten enaknya, lembut dan lainnya, sebaiknya kamu pertahankan terus ya. Karena kualitas tersebut yang membuat pembeli akan kembali lagi. Namun, jika cita rasanya berubah maka pembeli kamu bisa-bisa kabur lho! Nah, untuk menjaga kualitas ini kamu perlu mengetahui kualitas produk atau bahan dengan baik. Misal, jika kamu menggunakan daging sapi cincang, maka pastikan tidak ada bercak pada daging, daging beraroma segar, tidak amis, tidak berbau busuk, berwarna pink kemerahan dengan tekstur padat saat kamu tekan dan tidak mengandung terlalu banyak air.

3. Manfaatkan Digital Marketing

Melebarkan usaha ke dunia online adalah salah satu cara melebarkan branding di tengah masyarakat. Kamu bisa melakukannya dengan mengoptimalkan akun promosi pada media sosial yang terkenal seperti Instagram, Facebook, TikTok maupun Youtube. Mulai dari membuat short video yang menampilkan usahamu.

4. Menyediakan Versi Frozen

Membuka pesanan online akan membuka kesempatan para pelanggan yang berada di tempat jauh. Kamu bisa melebarkan target penjualan ke pembeli yang cukup jauh di luar kota. Selain itu, kamu bisa membuka opsi untuk join reseller, penjual lain bisa ikut menjual produk kamu.

5. Analisa Kompetitor

Penjual cemilan satu ini terbilang cukup banyak akhir-akhir ini, sehingga persaingan cukup ketat. Nah, kamu bisa menganalisa kompetitor untuk mengetahui kelebihan dan kekurangan mereka, dengan begitu kamu bisa membuat sebuah inovasi baru yang membuat produkmu lebih unggul. Misal, dari varian rasa, kamu bisa menambah varian seperti mentai, mozarella untuk menarik perhatian calon pembeli. Lalu, kamu juga bisa memberikan pengalaman baru dari saus celupnya. Lalu, kamu bisa menawarkan promo-promo yang menarik juga.

6. Jaga Kebersihan

Menjaga kebersihan adalah salah satu prinsip yang harus ada pada setiap usaha ranah FnB, makanan yang kamu olah harus higienis dengan bahan makanan yang fresh dapat membuat rasa pada makanan lebih nikmat. Sebaliknya, jika kamu membuat secara sembarangan akan menciptakan rasa yang kurang sedap dan membuat pelanggan enggan untuk membeli makanan kedua kalinya.

7. Lakukan Inovasi Berkala

Agar pelanggan tidak bosan. Kamu harus melakukan inovasi kekinian untuk usaha kamu, misalnya ada menu baru atau paket baru khusus yang ketika membeli produk kamu dapat gratis minum, ataupun inovasi lainnya. Hal ini guna menarik perhatian pembeli untuk terus menerus datang ke tempatmu, dengan begitu usahamu juga terlihat lebih modern karena lebih maju dan tidak membosankan.

Konon, jika usaha milikmu bisa terkenal karena cita rasanya yang luar biasa dan harganya yang masih wajar, brand milikmu bisa terkenal lho! Menjadi buah bibir pembicaraan orang banyak dan bisa melebarkan sayap menjadi distributor! Kamu juga bisa membuka franchise atau usaha cabang lainnya yang tersebar di banyak kota bahkan beda provinsi, karena cita rasa yang kamu berikan cukup kuat meninggalkan kesan baik di kalangan masyarakat.

Oleh sebab itu, membuat nama usaha atau brand perlu kamu perhatikan. Nah, kamu sudah terpikirkan belum apa nama brand usahamu? Berikut beberapa Teknik yang bisa kamu tiru untuk membuat nama brand ya

Trik Buat Nama Brand Usaha

1. Teknik Umum

  • Dimsum (nama kamu)
    Jadi kamu meletakkan produk yang kamu jual dulu, kemudian namamu yang membuat perbedaan dari usaha kamu dengan yang lainnya

2. Teknik Viral

  • – Dimsum Bre~
  • – Dimsum Hyung
    Produk, kemudian kata-kata yang sedang viral di sosial media, sehingga lebih menarik perhatian

3. Teknik Bahasa Keren

  • Dimsum Tersenyum
    Nama brand yang tercipta dari bahasa terkini yang banyak orang gunakan di kalangan umum masyarakat.

4. Teknik Nama Daerah

  • Dimsum Bandung
    Nama produk, kemudian ada nama daerah, tapi biasanya pemberian nama daerah ini bisa kamu tambahkan ke produk yang memang identik berasal dari daerah yang sama. Karena, bisa jadi orang-orang yang membeli produk ini ingin menjadikan produk ini sebagai oleh-oleh

5. Teknik Bahasa Slang

Biasanya perpaduan antara bahasa asing dengan produkmu, misalnya “Dimsumlicious” Dimsum dan Delicious digabung kemudian menjadi nama brand.

6. Singkatan

Dimas Bek (Dimsum Asli Bekasi). Biasanya singkatan menjadi singkatan yang lebih familiar dan lucu. Jadi terdengar lebih umum di telinga masyarakat, contoh lainnya adalah (Bensu: Ruben Onsu)

Jika sudah mendapatkan nama usaha yang cocok dengan produkmu, segera buat logo dan lakukan branding dengan tepat ya. Langkah selanjutnya, kamu tinggal membuat strategi agar branding kamu semakin kuat. Apa saja ya, langkah utama untuk branding produk?

Langkah Utama Branding Produk

1. Gunakan Kemasan Unik

Tips berikutnya adalah membuat kemasan yang ramah lingkungan, jika bisa lebih unik maka lebih menarik. Namun, pastikan kemasan yang pilih nanti sesuai dengan budget modalmu ya. Jika tidak memungkinkan untuk menggunakan kemasan yang unik dan ramah lingkungan, kamu bisa membuat kemasan seperti pada umumnya. Namun, untuk memberikan kesan brand produk kamu, kamu bisa gunakan sticker bulat atau kotak yang menggambarkan logo dan nama produkmu.

2. Daftar MyGoogle Business

Google menawartka fitur “Google Mybusniness” yang mendukung aktivitas pemasaran produk pelaku usaha. Melalui pemanfaatan fitur ini, kamu dapat mengoptimalkan strategi branding dan pemasaran untuk menjangkau lebih banyak orang.

3. Tampilkan Foto Produk

Upload tampilan visual foto produk yang unik dan menarik di laman sosial media kamu, tampilan produk yang menarik membuat pembeli akan tergiur dengan produk kamu.

4. Ikut Serta Pameran/Festival Makanan

Melalui pameran atau festival ini, kamu bisa memperkenalkan produk kepada masyarakat luas. Untuk menarik calon pembeli lebih banyak, kamu bisa memberikan diskon khusus selama berjalannya acara untuk meningkatkan penjualan.

5. Promosi Online / KOL

Tips branding produk lainnya adalh promosi online yang dilakukan oleh KEy Opinion Leader (KOL) atau Influencer yang bergerak di bidang makanan seperti Nex Carlos dan sebagainya. Cara ini harus kamu lakukan dengan perhitungan yang matang, karena untuk menggunakan jasa influencer membutuhkan biaya yang tidak sedikit

Jadi, gimana? Sudah mantap buka usaha dimsum atau masih mau yang lain? Komen di bawah ya

Related Posts