Entertain, Rekomendasi, what's new

10 Merchandise Bola yang Wajib Kamu Punya!

Siapa sih dari kalian yang asing dengan olahraga sepak bola? Pasti tidak kan ? Walaupun bukan penggemar, setidaknya kamu pasti mengetahui olahraga ini baik dari sekolah, acara tv ataupun sosial media.

Seringkali sepak bola di Indonesia bermain di kancah Internasional, melawan klub bola dari negara lainnya. Walaupun belum membawa kemenangan, namun sepak bola Indonesia bisa masuk kategori yang mengalami kemajuan dari sebelum-sebelumnya.

Penasaran gak gimana sih sejarah sepak bola di Indonesia?

Sejarah Sepak Bola Indonesia

Di Indonesia sendiri, permainan sepak bola ini sudah ada dari zaman Belanda. Organisasi sepak bola yang pertama kali berdiri di Indonesia adalah Nederland Indische Voetbal Bond (NIVB). Pada saat itu, permainan ini ada di pulau jawa dan hanya boleh orang-orang Belanda serta masyarakat terpelajar yang dapat bermain, sedangkan rakyat biasa tidak ikut bermain.

Seiring waktu, permainan ini terus berkembang. Hingga pada tahun 1915, klub sepak bola yang warga Tionghoa mulai di Indonesia mulai bermunculan. 5 tahun kemudian, klub seperti UMS Jakarta dan Surabaya berhasil menjadi klub terhebat dalam persepakbolaan Hindia Belanda.

Kemudian dari sana organisai Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) yang terbentuk di Yogyakarta pada 19 April 1930. Pemimpin PSSI pertama saat itu adalah Soeratin Sosrosoegondo. 

Lahirnya PSSI sendiri bertujuan untuk menjadikan sepak bola sebagai alat untuk menyebarkan semangat nasionalisme di kalangan pemuda dan menentang penjajahan belanda kala itu. Kompetisi PSSI terus berjalan dari tahun 1931 – 1941 dan sempat terhenti di tahun 1942 – 1950 ketika Jepang mulai masuk menjajah Indonesia hingga awal kemerdekaan. Baru setelah itu tahun 1951 PSSI kembali beroperasi.

Sepak Bola Indonesia Kini

Untuk timnas Indonesia sendiri kini dilatih oleh mantan pemain dan pelatih asal Korea Selatan Shin Tae Yong, ia sudah melatih timnas Indonesia sejak akhir tahun Desember 2019. Hampir 5 tahun ia melatih Indonesia. Ia sukses membawa Timnas Indonesia ke putaran final Piala Asia di tiga level kelompok usia yakni Timnas Indonesia Senior, U-23, dan U-20. Tak hanya itu, ia juga sukses membawa Timnas Indonesia lolos untuk pertama kalinya ke fase gugur Piala Asia. Pada Piala Asia 2023 Timnas Indonesia lolos hingga ke babak 16 besar.

Dalam kurun waktu kurang lebih 5 tahun ini, ia mencoba menyelesaikan masalah utama Timnas Indonesia. Ia menilai bahwa pemain kurang disiplin dan kerap mangkir dari panggilan ke pemusatan latihan Timnas Indonesia. Masalah kedua adalah pola pikir soal kedisiplinan pemain saat sesi latihan, ia menyebutkan beberapa pemain masih ada yang terlalu santai dan terlambat ikut sesi latihan pada awal ia melatih mereka. Ia juga menegaskan prinsip yang ia selalu sebutkan ke pemain timnas di Indonesia, yaitu untuk tidak berbohong dan mengakui kesalahan mereka, dengan begitu mereka bisa lebih mudah untuk merubah perilakunya.

Kondisi PSSI

PSSI kini di bawah naungan Erick Thohir yang juga menjabat sebagai Menteri BUMN, ia menandatangani nota kesepahaman atau memorandum of understanding (MoU) bersama presiden FIFA Gianni Infantino dengan tujuan untuk percepatan pengembangan cabang olahraga sepak bola di Indonesia.

Pada MoU tersebut, mengatur dukungan PSSI pada kantor FIFA di Jakarta dengan cara membantu merealisasikan penyediaan ruang kantor, international organization status dan operasional. Sebagai bentuk timbal balik FIFA memberikan pembinaan dalam pengembangan dan pembangunan sepak bola Indonesia, yaitu dalam bidang administrasi dan tata kelola, Stadium safety and security, football integrity, Women’s football dan perwasitan. FIFA juga menggocek dana FIFA Forward senilai USD1,25 juta atau setara dengan Rp.19,2 M untuk sepak bola Indonesia.

Indonesia sendiri telah menyiapkan Training Center (TC) di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara. TC seluas 30 hektar itu telah siap dengan fasilitas lengkap yang meliputi delapan lapangan, asrama, hingga gedung latihan dalam ruangan.

Tak berhenti sampai situ, kini Timnas Indonesia sedang berjuang untuk kualifikasi Piala Dunia. Pada bulan Maret nanti mereka akan menghadapi Vietnam di Gelora Bung Karno, biasanya para suporter hadir untuk mendukung jagoan mereka lho!

nah biasanya, ketika hadir mereka menggunakan atribut dan merchandise khusus. Ada apa aja ya?

Merchandise Suporter Bola

1. Kaos

Merchandise satu ini pasti paling top laris manis jika kamu jual saat laga pertandingan berlangsung. Hampir seluruh suporter atau pendukung yang hadir untuk menonton bola secara langsung pasti mengenakan pakaian ini sebagai identitas siapa yang ia dukung.

Penjualan kaos ini juga cukup beragam, pihak resmi PSSI pun memiliki kaos official yang mereka jual dari website resmi mereka. Namun, tak sedikit pula beberapa suporter memilih untuk beli di luar karena desain yang lebih bagus atau justru sebaliknya mereka tidak ingin memiliki baju dengan desain yang sama dengan kebanyakan orang.

Harga kaos pun cukup beragam tergantung dengan jenis bahan kaosnya, untuk kaos bola yang berkerah biasanya akan mereka jual dengan harga yang lebih mahal daripada kaos pada umumnya. Beberapa suporter bisa membeli langsung saat hari H pertandingan atau memesan di online dari jauh-jauh hari.

2. Syal

Bukan untuk menghangatkan diri, syal biasanya terbentang di tangan pendukung saat pertandingan berlangsung. Biasanya desain merchandise bola sendiri sudah memiliki desain yang sama seperti bertuliskan nama klub bola tertentu. Kebanyakan dari mereka tidak menggunakannya sebagai aksesoris pakaian, tapi benar-benar sebagai bentuk dukungan melalui merchandise, sama seperti ketika membentangkan poster, hanya saja kali ini berbeda dari umumnya yakni syal.

3. Poster

Untuk suporter yang hadir membawa poster bisa dihitung dengan jari. Namun, biasanya begitu mereka selesai menonton bola, mereka berbondong bondong membeli poster jagoan mereka dalam sepak bola, apalagi jika pada poster tersebut terdapat tanda tangan, pasti sudah habis terjual.

Poster ini biasanya mereka jadikan pajangan untuk tempel di kamar, ruang kerja atau manapun.

4. Banner

Untuk merchandise satu ini biasanya dibeli oleh sekelompok pendukung tertentu yang datang bersamaan. Kenapa? Karena untuk banner biasanya mereka memesan dengan ukuran yang cukup besar kemudian dibentangkan, karena ukurannya cukup besar dibutuhkan kerjasama dari banyak orang untuk memegang banner tersebut.

Atau biasanya banner diikat di bagian tribun sebagai bentuk dukungan agar para pemain dan pendukung lawan dapat melihatnya.

5. Topi

Merchandise satu ini juga cukup sering diburu para pendukung ketika menonton laga pertandingan. Topi menjadi pilihan mereka karena biasanya untuk menonton pertandingan para pendukung harus sudah hadir di sekitar stadion sejak siang hari, sehingga mereka merasa kepanasan. Topi bisa sedikit menghalau rasa panas dan cahaya matahari ke mata mereka, selain itu ketika mengantri dan berkeringat biasanya kondisi rambut menjadi sedikit berantakan, penggunaan topi dinilai dapat menolong tampilan.

6. Sticker Pipi

Walaupun kecil barang satu ini juga dapat kamu lihat cukup sering di kalangan penggemar lho! Mereka menggunakan sticker ini sebagai pemanis tampilan mereka.

7. Totebag

Ketika menonton pertandingan bola, kalian pasti membawa barang bawaan yang cukup beragam seperti botol minum, dompet identitas diri, baju ganti dan lainnya. Sedangkan, untuk membawa ransel juga rasanya tak mungkin. Oleh sebab itu, totebag sering menjadi pilihan para penonton di stadion untuk mereka bawa karena dapat mempermudah mereka membawa barang-barang yang mereka butuhkan untuk menonton.

8. Tumblr

Baik melalui website resmi atau tidak, penjualan produk satu ini cukup massive. Biasanya para pendukung membeli barang satu ini karena cukup bermanfaat tak hanya saat mereka menonton pertandingan, juga ketika mereka sedang bekerja atau berpergian mereka bisa menggunakan tumblr ini.

9. Sweater

Sebaliknya, merchandise satu ini tidak dipakai ketika hari H. Jarang sekali pendukung hadir dengan memakai merchandise satu ini karena cuaca yang cenderung panas. Namun, mereka yang membeli sweater ini akan menggunakannya untuk berpergian atau ketika menonton bersama acara pertandingan di sebuah tempat, seperti cafe dan lain-lain.

10. Pin

Walaupun paling jarang kalian temukan. Namun, pin cukup sering dipakai oleh para pendukung lho! Sayangnya merchandise satu ini hanya mereka pajang terutama yang official dan mendapatkan tanda tangannya ya.Tapi, gak sedikit juga kok yang menggunakan pin ini sebagai atribut menonton pertandingan bola.

Nah, kamu sebagai penonton pertandingan merchandise mana yang kamu punya nih?