Bisnis Digital, Event, Rekomendasi, Tips and Trick, Uncategorized

TIPS BUKA JASTIP ANTI BONCOS!

Kamu mau mulai buka usaha, tapi gak mau rugi atau kayaknya masih takut dengan berbagai resikonya? Tenang aja, ada beberapa jenis usaha yang bisa kamu coba tanpa perlu modal lho! Kamu hanya membutuhkan keterampilan mengatur waktu untuk pergi dan membungkus produk untuk dikirimkan kepada calon pembeli. Sebenernya bisa dibilang usaha satu ini lebih menyediakan ke pelayanan jasa sih.

Nah, apa ya nama usaha ini? Usaha ini biasa disebut ‘jastip’. Sebenarnya apa sih pengertian dari jastip?

Apa itu Jastip?

Jastip adalah sebuah jasa yang menawarkan pembelian barang di suatu tempat, biasanya barang-barang tersebut yang sulit ditemukan atau sedang ada diskon besar-besaran.

Biasanya orang-orang menggunakan jasa ini untuk mendapatkan barang yang mereka inginkan tanpa harus keluar rumah, selain itu pembelian melalui barang jastip bisa dijamin originalitasnya karena dibeli langsung di official store brand tersebut.

Nah, bagaimana sih cara kerja jastip ini?

Cara Kerja Jastip

Jastip cara kerjanya adalah sistem pre-order, dimana kamu bisa membeli produknya apabila ada yang memesan dan sudah melakukan pembayaran. Cara kamu menginformasikan barangnya adalah melalui sosial media, ketika kamu mengunjungi suatu tempat perbelanjaan atau tempat wisata, jangan lupa untuk membuat konten berupa video yang kamu upload di sosial media kamu, baik melalui Story maupun Reels dan TikTok.

Video tersebut harus berisikan produk-produk yang kamu tawarkan ya,sertakan informasi lebih lanjut, seperti ukuran, warna, dan lainnya, sehingga calon pembeli yang melihat produkmu tidak perlu lagi bertanya-tanya, begitu mereka menghubungimu berarti mereka bisa langsung memesan.

Keuntungan Usaha Jastip

1. Tidak Membutuhkan Modal

Jasa titip ini memang tidak membutuhkan modal, karena barang yang kamu beli dibayar dengan uang si pembeli. Kamu hanya perlu memastikan bahwa barang yang ia inginkan sama dengan yang kamu beli. Namun, kamu tetap harus ada uang simpanan ketika memulai usaha ini ya.

2. Tingkat Resiko Minim

Karena pembeli harus membayar terlebih dahulu, sehingga kemungkinan kamu ditipu sangat kecil. Selain itu, ketika membeli produknya kamu gak perlu khawatir kualitas barangnya buruk, karena kamu membeli langsung di toko resmi yang bisa kamu cek dulu kondisi dan keadaannya. Namun, bisnis usaha jasa titip ini biasanya memiliki kendala di bagasi pesawat jika kamu membeli barangnya dari luar negeri, barang yang dibeli tidak boleh masuk ke Indonesia. Oleh sebab itu, kamu perlu memperhatikan hal ini ya.

3. Memberikan Keuntungan Besar

Tujuan membuka usaha pasti mencari keuntungan. Umumnya penyedia jasa titip mendapatkan keuntungan dari upah pembelian per-barang. Biaya ini berbeda-beda tergantung produk atau tergantung kamu sendiri yang menentukannya. Biayanya paling rendah mulai dari 25 ribu per-barang, pastinya jika barang yang dipesan semakin banyak, maka keuntungan jasa yang kamu terima lebih banyak.

Cara Memulai Bisnis Jastip

1. Punya Akses ke Penyedia

Ketika ingin memulai bisnis ini, kamu harus memiliki akses kontak ke mereka yang menyediakan atau menjual barang tersebut. Contoh, kamu ingin menyediakan jasa titip sepatu brand terkenal, maka kamu setidaknya harus memiliki kontak salah satu pekerja disana untuk mendapatkan informasi paling update dan bisa bebas bertanya soal ketersediaan barang.

2. Lakukan Riset Target Pasar

Langkah selanjutnya adalah melakukan riset pasar, perhatikan barang apa yang sangat diminati oleh kebanyakan orang. Oleh sebab itu, sebelum memulai bisnis, cari tahu apakah produk yang kamu tawarkan cukup punya banyak peminat di Indonesia.

3. Ambil Foto atau Video yang Menarik

Pastikan foto atau video yang kamu ambil cukup jelas, tidak bising dan kualitas warnanya bagus, sehingga mereka yang melihat kontenmu bisa tertarik. Selain itu hasil foto atau video yang bagus berguna juga untuk meminimalisir kesalahan lho! Sering kali dengan kamera yang berbeda warna suatu barang jadi berubah, jika barang aslinya berwarna biru dongker, tapi di video biru muda, maka pembeli akan berekspektasi bahwa barang yang ia pesan berwarna biru muda. Bayangkan jika ternyata ia malah mendapat barang berwarna biru dongker?

4. Jangan Lupa Tetapkan Tarif

Hal lain yang harus kamu perhatikan adalah menentukan tarif yang masuk akal untuk jasa yang kamu berikan. Biasanya tarif diberikan dengan melihat jenis dan harga barang yang dijual, jika kamu menawarkan barang yang ‘high end’ maka kamu bisa memberi harga yang cukup tinggi karena resiko yang akan kamu terima lebih tinggi. Namun, masih harus secara wajar ya.

5. Rajin Berburu Event

Kenalilah berbagai event yang potensial bagi pengguna jastip. Selain tempat-tempat wisata, kamu bisa memanfaatkan berbagai event untuk meningkatkan penghasilan kamu. Misal event Big Bad Wolf atau International Book Fair yang kemungkinan besar punya banyak peminat.

6. Belajar dari Pesaing

Seperti bisnis lainnya, kamu harus mengetahui kompetitor kamu. Perbaiki kekurangan dan tawarkan nilai lebih yang bisa kamu berikan kepada pembeli kamu, dari segi kualitas pelayanan ataupun produk ya. Kamu juga bisa membuat penawaran agar pembeli lebih tertarik melakukan jasa titip di kamu.

Berikut tips membuka usaha jastip yang perlu kamu perhatikan ya

Tips Buka Usaha Jastip

1. Menentukan Proses Pembayaran

Saat melakukan bisnis usaha jastip ini, kamu perlu memikirkan proses pembayarannya. Pertama, kamu harus memikirkan harga yang kamu tawarkan, apakah harga original dari store + biaya jasamu atau kamu sudah melakukan mark up pada harga sebelumnya Harga original store + keuntungan + biaya jasamu. Setelah itu, kamu tentukan proses pembayaran yang bisa pembeli gunakan, apakah harus langsung membayar full atau mereka bisa melakukan DP (down payment) terlebih dahulu, besaran harganya bisa kamu sesuaikan ya. Namun, yang perlu kamu perhatikan jika memutuskan pembayaran dengan sistem DP, maka kamu harus mempersiapkan modal usaha.

Tak hanya itu, kamu juga perlu memikirkan untuk kemungkinan buruk yang akan terjadi. Jika, si pembeli memutuskan untuk membatalkan pesanan, maka apakah uang DP yang mereka bayarkan bisa kembali atau tidak.

2. Siapkan Dana Darurat

Dana darurat cukup penting untuk melindungi kamu dari kemungkinan buruk yang terjadi, misalnya barang hilang, tertinggal atau lainnya, maka kamu harus bertanggung jawab penuh atas hal tersebut dengan menggantikan uang yang sudah pembeli berikan sebagai bukti pembelian.

Oleh sebab itu, jika kamu baru memulai bisnis ini sebaiknya kamu melakukannya dengan harga produk yang murah lebih dulu dan mempelajari prosesnya dengan baik untuk meminimalisir kesalahan dan kerugian.

3. Rajin Promosi

Jangan sungkan untuk terus membuat story di sosial media atau whatsapp, kamu juga jangan sungkan untuk meminta bantuan temanmu untuk memposting ulang story jasa titip yang kamu buat. Dengan begitu, jangkauan untuk diketahui orang akan lebih luas dan pembeli kamu bisa bertambah seiring waktu.

Jika kamu sudah mulai ahli, kamu bisa mencoba fitur ads di instagram ketika akan datang ke sebuah event promosi dan menawarkan jasa titip secara publik. Hanya saja, kamu harus lebih cermat dan hati-hati jika memilih opsi yang satu ini ya. Penipuan bisa terjadi oleh siapapun.

4. Kenali Kemampuan

Perhatikan kemampuan kamu dalam membawa barang-barang yang kamu beli untuk jasa titip. Jangan sampai pesanan yang masuk malah melebihi kapasitas bagasi pemiliknya. Jika kamu menggunakan pesawat dan barangnya sedikit overload maka kamu perlu mempersiapkan biaya tambahan untuk bagasi.

5. Minta Testimoni

Ketika kamu sudah berhasil melakukan bisnis ini pertama kali atau kedua kalinya, jangan lupa untuk meminta mereka memberikan testimoni. Gunanya agar membuat jasa yang kamu tawarkan terlihat terpercaya oleh orang-orang, sehingga mereka tidak ragu untuk menggunakan jasamu. Untuk menunjang usaha kamu, kamu bisa membuat kartu nama atau sticker yang kamu selipkan di paket, gunanya agar ketika pembeli berencana untuk mencari atau sedang membutuhkan barang, mereka bisa menghubungimu secara personal untuk meminta bantuan.

Kalau kamu udah memantapkan hati untuk membuka usaha satu ini, tetap perhatikan kesehatan ya, jangan terlalu lelah hingga lalai beristirahat. Semangat semuanya