Bisnis Digital, Rekomendasi, Tips and Trick

Tips Bisnis Pet Shop yang Auto Cuan!

Tahukah kamu? Pemilik hewan peliharaan dari waktu ke waktu semakin meningkat lho! Ini berarti bisnis Pet shop akan sukses. Menurut data sektor makanan hewan peliharaan di Indonesia akan tumbuh naik sebesar 20% per tahun dengan 60% pasar berada di pulau jawa, Kota-kota besar di Indonesia seperti Jakarta, Semarang, Surabaya dan lainnya.

Peningkatan ini dipicu oleh naiknya angka Urbanisasi dan laju Industri, Generasi Milenial kini punya lebih banyak hewan peliharaan seiring dengan lanskap budaya yang berubah dan semakin banyak situasi generasi muda yang merasa kesepian, hingga mereka lebih memilih untuk punya hewan peliharaan sebagai teman.

Sebanyak 72% rumah tangga di Indonesia punya hewan peliharaan, 47% diantaranya punya kucing, diikuti ikan 22%, burung 18% dan anjing hanya 10% (Rakuten Insight Propriety, 2021)

Dengan jumlah sebesar ini, peluang kamu untuk membuka usaha petshop lebih besar lho! Apa aja sih untung membuka petshop ?

KEUNTUNGAN BUKA PETSHOP

1. Pasar yang Besar

Seperti data di atas tadi, jumlah pemilik binatang peliharaan di Indonesia kian tambah. Oleh sebab itu, permintaan atas perawatan hewan peliharaan semakin banyak. Belum lagi, hewan peliharaan adalah makhluk hidup yang kebutuhannya harus setiap waktu, hingga kebutuhan mereka akan selalu menjadi uang keluar yang pasti setiap bulannya.

2. Beragam Produk

Pet Shop ini sendiri gak hanya menjual produk makanan untuk hewan peliharaan. Ada banyak hal lainnya untuk kebutuhan hewan seperti cemilan, tempat makan, obat, Aksesoris dan lainnya. Hal ini bisa kamu jadikan peluang untuk punya uang tambah

3. Layanan Tambahan

Kamu juga bisa beri pelayanan untuk usaha kamu seperti Grooming, Dokter hewan, Hotel khusus untuk hewan dan lainnya.

4. Peningkatan Kesadaran Kesehatan Hewan Peliharaan

Makin banyak orang yang sadar akan pentingnya kesehatan hewan, jadi banyak dari mereka yang mulai sadar akan kesehatan hewan di sekitar mereka. Tak hanya hewan peliharaan, hewan di pinggir jalan juga akan menjadi perhatian mereka.

Jika kamu ingin untuk membuka jenis usaha ini, maka kamu perlu tahu beberapa tips sebagai berikut agar tidak alami kesulitan atau kendala ketika memulai usaha.

TIPS MEMBUKA PETSHOP

1. Lakukan Perencanaan, Riset dan Target Pasar

Kamu perlu buat riset lebih dahulu di internet maupun sosial media, jenis makanan hewan yang paling sering dibeli dan sebagainya. Kemudian mulai untuk
buat rencana dari segi modal, barang yang akan kamu jual dan lainnya.

Kemudian dari hasil riset, kamu bisa tahu kondisi lingkungan pasar serta kebutuhan dan bisa mengetahui siapa target pelanggan utama bisnis kamu.

2. Tentukan Lokasi Bisnis

Selanjutnya jika kamu ingin membuka bisnis ini secara offline juga, maka kamu perlu menentukan lokasi bisnis. Apakah berada di lingkungan yang sama dengan tempat tinggalmu atau kamu harus menyewa ruko di tempat lain. Berikut tips dalam pilih lokasi pelanggan :

a. Lokasi yang Kondusif

Lokasi harus bebas dari kebisingan, untuk lokasi tokomu berada di pinggir jalan. Maka kamu perlu membeli penangkal suara yang berguna untuk tidak membuat hewan mudah stress, beri juga hexos, penyaring udara dan lainnya

b. Kebersihan Toko

Kebersihan juga perlu kamu perhatikan untuk memberikan kenyamanan pada pelanggan dan juga kesehatan hewan. Pilih lokasi tempat yang penyaluran air di sekitarnya lancar, agar tidak mudah banjir dan tidak ada bau yang tidak sedap.

c. Dekat dengan Pemukiman

Pastikan lokasi yang kamu pilih tidak jauh dari tempat tinggal atau aktivitas warga. Sehingga adanya toko kamu akan lebih mudah terlihat dan dikenal oleh banyak orang lebih cepat. Jangan lupa pasang banner yang menampilkan nama tokomu, selain itu bagikan flyer atau kartu nama pada pembeli yang mampir ataupun lewat sebagai bentuk promosi.

3. Rekrut Karyawan Penyuka Hewan

Hal lainnya yang perlu kamu pahami adalah memilih Karyawan yang menyukai hewan. Bukan tanpa alasan, karena mereka yang suka hewan pasti akan memperlakukan hewan dengan baik, ramah, tenang dan penuh kasih sayang. Sehingga hewan akan nyaman dan tidak mudah stress, dengan begitu mereka yang pakai jasa pelayanan kamu tidak akan merasa kecewa.

4. Minta Izin Lingkungan Setempat

Hal penting dalam memulai usaha petshop adalah meminta izin pada lingkungan setempat. Mulai dari petinggi daerah seperti RT atau RW, lalu para warga di sekitar lokasi usaha.

Tujuannya adalah untuk kurangi adanya konflik di lain hari. Selain itu, ajukan surat izin gangguan pada dinas perizinan kota. Sebab, beberapa hewan seperti Anjing cenderung lebih berisik.

5. Cari Supplier Makanan Hewan

Sebagai pecinta hewan, tentu kamu sudah tahu bahwa ada banyak jenis dan merek makanan hewan. Cara memulai usaha petshop adalah dengan mencari Supplier makanan hewan yang berkualitas.

Kamu bisa hubungi produsen makanan hewan, kemudian tawarkan kerjasama dengan Pet shop milikmu.

6. Konsep Toko yang Menarik

Buatlah konsep pet shop yang unik dan mudah untuk menarik perhatian para pecinta hewan. Contoh petshop yang membuka kafe bersama dengan petshop mereka, dengan begitu pada pengunjung yang datang bisa menunggu hewan mereka dengan tempat yang nyaman, mereka tidak perlu kepanasan, kelaparan, hingga merasa haus.

Jika tempat yang kamu miliki cukup luas, tidak ada salah membuat arena bermain hewan peliharaan dan fasilitas lainnya seperti kolam renang.

7. Gabung dan Bangun Hubungan dengan Komunitas

Usaha satu ini perlu mengandalkan komunitas untuk terus berkembang. Maka dari itu, cara untuk memulai usaha ini adalah dengan bergabung pada komunitas pecinta hewan, lalu bangun hubungan yang baik dengan mereka. Cara ini bisa kamu jadikan media promosi dan mitra kerjasama ketika ada yang membuat event atau membutuhkan layanan khusus dari petshop kamu.

Selain membuka layanan dan menjual produk secara offline, kamu juga bisa mencoba keberuntungan kamu dengan menjual secara online lho!

TIPS MENJUAL SECARA ONLINE

1. Promosi Sosial Media

Secara online berarti dilakukan semuanya secara digital. Bagaimana caranya memperkenalkan tokomu ke banyak orang dalam satu waktu? Yakni melalui sosial media, semua orang dari berbagai usia kini menggunakan handphone untuk berkomunikasi sehari-hari dan mencari hiburan. Oleh sebab itu, punya sosial media untuk usahamu adalah sebuah hal yang wajib. Dengan begitu mereka bisa tahu apa saja yang kamu jual dan tawarkan. Kamu bisa mencoba menjual produk usaha kamu melalui Facebook, Instagram. hingga TikTok.

Belum lagi, jika kamu mencoba fitur ads yang lebih bisa jangkau banyak orang.

2. Kerjasama dengan Influencer

Untuk perluas jaringan, kamu bisa gunakan jasa Influencer dengan skala micro. Memanfaatkan Micro Influencer dengan jumlah yang lebih banyak dinilai lebih efektif, jika dibandingkan hanya pakai satu Influencer besar.

Jika modal yang kamu siapkan cukup terbatas, maka kamu bisa pakai KOL Mikro untuk sementara waktu. Tak melulu harus bayar dengan uang, kamu bisa kerjasama dengan sistem barter produk.

3. Jualan di Marketplace

Setelah itu, kamu bisa melebarkan sayap dengan berjualan di Marketplace seperti Shopee, tokopedia , lazada dan yang lainnya. Hal ini untuk mempermudah para calon pembeli untuk melakukan pembelian. Selain itu, pembelian dengan e-commerce memang jauh lebih terpercaya untuk transaksi pertama kali.

Nah, gimana kamu tertarik untuk bisnis ini?

Related Posts