Bisnis Digital, Rekomendasi, UMKM

Frozen Food, Ide Usaha Bikin Cuan!

Siapa yang masih asing dengan makanan frozen food? Pasti semua orang pernah menyantap makanan satu ini, gak sedikit orang yang memilih makanan jenis ini untuk santapan mereka sehari-hari lho!
Terutama bagi mereka yang memiliki aktivitas atau jadwal yang padat dan tidak punya banyak waktu untuk memasak. Nah sebenarnya apa sih frozen food ini?

Pengertian Frozen Food

Frozen food adalah makanan yang telah diolah atau diproses, kemudian dibekukan pada suhu rendah untuk menjaga keamanan, kesegaran dan kualitasnya. Ada banyak jenis makanan yang bisa dijadikan frozen food ini, dari makanan olahan, daging, ikan, sayuran, buah-buahan, roti dan lainnya. Proses pembekuan ini membantu memperpanjang umur simpan makanan dan menjaga kandungan nutrisi serta tekstur makanan tersebut.

Nah, selain itu frozen food sendiri cukup banyak digemari lho! Kenapa ya?

5 Alasan Frozen Food Jadi Favorit

1. Praktis

Untuk mereka yang tidak punya banyak waktu luang untuk memasak, makanan jenis frozen ini memang paling mudah lho! Karena proses penyajiannya hanya cukup dengan menggoreng, mengukus atau hanya merendam dengan air hangat, yang mana prosesnya ini jauh lebih cepat daripada memasak makanan pada umumnya.

2. Tetap Bernutrisi

Meski mudah diolah, frozen food tetap punya banyak nutrisi dan kandungan baik yang tersimpan. Dilansir dari laman website The Academy of Nutrition and Dietetics Amerika Serikat, organisasi profesional nutrisi dan makanan ini mengungkapkan bahwa frozen food bisa menyimpan vitamin dan mineral, ia juga tidak mengubah kandungan karbohodrat, protein dan lemak yang ada di dalamnya.

Hal ini dikarenakan frozen food buah dan sayuran langsung dibekukan setelah dipetik, sehingga kandungan nutrisinya cenderung masih utuh dibanding buah segar yang dapat dengan cepat berkurang nutrisinya jika hanya disimpan.

3. Tahan Lama

Keunggulan makanan satu ini adalah kemampuannya bertahan lebih lama dibanding jenis makanan lainnya. Hal ini memungkinkan kita untuk menyimpan stok makanan hinga beberapa bulan, selain itu sudah banyak produk frozen food ini yang bebas bahan pengawet kimia lho!

4. Variatif

Jika kamu berpikir menu frozen food akan monoton atau terbatas, maka kamu salah besar. Pilihan menu masakan ini semakin beragam lho, dari yang hanya sekedar menggoreng makanan rumahan. Kini, frozen food juga terdapat menu yang menyajikan makanan barat, seperti steak dan sebagainya.

5. Lebih Higienis

Umumnya menu makanan ini dikemas dengan sangat baik untuk menjamin kebersihan dan keamanan makanan dari produsen hingga ke tangan konsumen.

Nah, frozen food gak selalu jenis makanan yang dibuat pabrik lho! Kamu dengan usaha rumahan dan menu rumahan juga bisa coba buka usaha satu ini. Namun, ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan ya, yakni kelebihan dan kekurangan dari usaha frozen food ini. Apa aja ya?

Kelebihan Frozen Food

1. Masa Simpan yang Panjang

Makanan Frozen food sendiri memiliki masa simpan yang lebih lama, dengan kata lain tidak mudah basi. Dengan masa simpan yang lama, maka hal ini dapat meminimalisir kerugian yang akan kamu terima.

2. Hemat Biaya

Usaha frozen food ini punya biaya produksi yang lebih rendah, karena kamu tidak perlu membeli bahan mentah secara terus-menerus, cukup sekali lalu buat jadi banyak hidangan lalu bekukan. Jika stok sudah habis, maka kamu baru membeli bahan mentah baru lainnya.

3. Mudah Didistribusikan

Makanan jenis ini juga mudah untuk dikirim lho! Karena bentuknya belum matang, sehingga tidak merusak cita rasa ketika proses pengiriman. Contoh: jika jarak pengiriman cukup jauh dan yang kamu jual adalah makanan yang langsung jadi, maka ketika sampai makanan akan berubah menjadi dingin, tak lagi hangat. Namun, jika kamu menjual makanan frozen yang belum dimasak, tidak akan merubah rasa, karena rasa akan tetap sama dan muncul ketika si pembeli memasaknya pertama kali.

4. Pemasaran yang Mudah

Mengingat penggemar makanan frozen ini cukup luas, maka kamu bisa mencoba untuk menjualnya di sosial media, e-commerce dan lainnya. Bahkan, kamu juga bisa membuka toko offline di rumahmu lho! Karena banyak tetangga yang mungkin akan membelinya juga

5. Bebas Bahan Pengawet & MSG

Pengawet kimia untuk makanan adalah salah satu hal yang paling dihindari oleh konsumen ketika membeli makanan saji. Untuk frozen food sendiri, kamu tidak perlu khawatir karena olahan makanan yang dibekukan ini bebas tanpa bahan pengawet dan bahan berbahaya lainnya.

6. Banyak Pilihan

Dengan membuka usaha frozen food ini, kamu tidak perlu bingung dengan menu yang kamu tawarkan. Karena banyak lho makanan yang bisa kamu buat menjadi makanan beku untuk dijual. Jadi, pembeli tidak akan bosan dengan makanan yang kamu jual.

Kekurangan Usaha Frozen Food

1. Membutuhkan Freezer

Sesuai namanya “Frozen” berarti makanan ini harus super beku. Freezer perlu untuk menyimpan makanan yang telah kamu buat agar kualitasnya terjaga dan tidak mudah basi.

2. Pasokan Listrik yang Cukup

Dengan menggunakan freezer yang terus menerus nyala, maka akan membutuhkan pasokan listrik yang besar, dengan kata lain kamu harus mempersiapkan biaya untuk listrik.

3. Persaingan Cukup Ketat

Peluang bisnis ini terbilang cukup tinggi, sehingga banyak orang yang terjun ke bisnis ini, dari mereka yang memang “full time usaha frozen food” hingga menjadikan frozen food ini sebagai usaha sampingan untuk menambah pemasukan

Nah, jika kamu sudah menimang semua kelebihan dan kekurangan dari membuka usaha ini dan keputusan untuk membuka usaha tidak berubah. Maka langkah berikutnya adalah menentukan menu ide frozen food. Namun, jika kamu masih bingung, berikut menu frozen food yang bisa kamu jadikan ide usaha!

Ide Menu Frozen Food

1. Chicken Nugget

Dengan bahan dasar daging ayam, wortel, telur yang bercampur lalu bebas kamu bentuk sesuai selera. Menu satu ini sering kali jadi ide bekal para ibu untuk anaknya lho! Makanya jangan heran banyak menu makanan frozen satu ini yang punya bentuk cukup beragam agar menarik perhatian anak-anak.

Cara penyajiannya pun cukup mudah, hanya tinggal kamu goreng.

2. Tahu Bakso Daging Ayam

Jika hanya ‘tahu’ maka sulit untuk dijadikan menu makanan frozen, sehingga tidak ada salahnya untuk membuat variasi untuk jenis menu satu ini dengan memberikan tambahan olahan daging ayam untuk isi.Dengan campuran tepung terigu dan tapioka, menu satu ini mudah untuk dibuat. Lalu, jika sudah kamu bisa kukus dan simpan di freezer. Jika sewaktu-waktu kamu ingin makan, tinggal goreng deh~

3. Dimsum

Menu satu ini juga cukup banyak penjualnya lho! Selain proses membuatnya yang mudah, cara penyajiannya juga gampang kok. Menu makanan frozen satu ini juga cukup banyak penggemarnya, karena rasanya yang enak dan cukup mengenyangkan untuk sebuah cemilan.

4. Risol Mayo

Sepertinya hampir semua orang suka banget dengan makanan frozen satu ini, dengan isian yang beragam seperti telur, sosis, daging dan mayonaise membuat cemilan satu ini punya tempat tersendiri di hati penggemarnya. Gak cuma itu, luarnya yang crispy juga hmmmm enak banget deh!

Nah, ternyata makanan satu ini bisa kamu buat frozen lho! Jadi begitu selesai, kamu langsung masukkan ke dalam freezer yang kemudian tinggal kamu goreng deh untuk penyajiannya.

5. Cireng Isi

Dengan berbagai varian isi dari ayam suwir, bakso dan lain sebagainya. Makanan ini sering kamu stok oleh orang-orang lho! Selain bisa kamu santap sebagai cemilan, makanan ini juga bisa jadi makanan bersama nasi lho!

6. Kebab Isi

Siapa bilang kebab nggak bisa di frozen? Kamu salah besar kalau berpikir gitu. Justru kebab jadi yang paling praktis untuk kamu buat jadi makanan beku. Makanan yang perlu kamu olah dari kebab hanya bagian daging yang sudah matang, sisanya kamu hanya perlu memotong dan wrap dengan kulit kebab. Selesaiii~

Jika ingin menyantapnya, tinggal kamu goreng atau panggang menggunakan mentega.

7. Pisang Coklat

Berbahan dasar pisang, makanan satu ini ternyata bisa kamu beku kan terlebih dahulu baru setelah itu kamu santap lho! Proses pembuatannya juga cukup mudah dan tidak memakan waktu yang lama.

8. Kaki Naga

Bahan-bahan yang kamu butuhkan untuk membuat menu makanan satu ini hampir sama dengan nugget. Hanya saja ini lebih bervariasi dengan menggunakan stik eskrim atau apapun di bagian bawahnya. Oleh sebab itu, makanan ini banyak yang menyebutnya ‘kaki naga’ karena memiliki kaki di bagian bawahnya.

9. Donat

Makanan berbahan dasar kentang ini juga bisa jadi ide makanan frozen lho! Cocok jadi menu usaha dan cukup banyak penggemarnya. Tidak sedikit pula orang-orang yang membeli menu makanan ini untuk ide cemilan, karena donat sendiri banyak yang menyukai kalangan dari anak-anak hingga dewasa.

10. Baso Aci

Makanan khas jawa barat ini terdiri dari bakso aci, jeruk nipis, bumbu pedas, cuanki, bakso ikan, siomay kering dan sukro cikur. Prosesnya agak sedikit memakan waktu yang cukup lama. Namun, cara penyajiannya super mudah, karena kamu tinggal merebus air dan bakso acinya kurang lebih 5 menit. Setelah itu selesai

Nah, 10 ide makanan tadi bisa kamu jadikan ide untuk berjualan makanan frozen food. Selanjutnya, langkah yang bisa kamu lakukan adalah membuat brand identity pada produkmu, seperti membuat kemasan berupa sticker ataupun paperbelt dan paperbag. Brand identity tersebut bisa kamu isi dengan nama usahamu, nama sosial media dan nomor yang bisa dihubungi.

Jangan lupa, kebutuhan usaha cetaknya dimana? Printlagi aja~

Related Posts