Bisnis Digital, Rekomendasi, UMKM

Lagi Viral! Cemilan Sehat yang Bikin Dompet Sehat

Siapa sih didunia ini yang nggak suka ngemil? Hampir semua orang sukaaa banget dengan makanan ringan untuk konsumsi sehari-hari, waktu lagi kerja, mengerjakan tugas bahkan sedang santai.

Sayangnya, cemilan kerap kali dianggap tidak sehat karena kandungan kalorinya yang cukup berat. Kamu pasti sering mendengar ucapan “jangan kebanyakan ngemil, nanti gendut”. Eits, tapi jangan khawatir hal ini bisa kamu jadikan peluang untuk membuka usaha makanan cemilan yang sehat lho.

Nah sebelum membahas usaha cemilan sehat, sebenarnya cemilan sehat itu apa sih?

PENGERTIAN CEMILAN SEHAT

Snack atau cemilan yang sehat adalah jenis cemilan yang rendah kalori, tetapi banyak mengandung protein, serat, vitamin dan mineral. Selain itu, cemilan sehat juga rendah lemak dan tidak banyak mengandung gula, termasuk pemanis buatan. Terutama untuk kamu yang sedang menurunkan berat badan, kamu perlu mengkonsumsi cemilan sehat yang kaya akan nutrisi tapi tetap rendah kalori. Dengan cemilan yang sehat, kamu akan lebih mudah mengontrol porsi dan nafsu makan, sehingga berat badan tidak naik dan bisa turun.

MANFAAT CEMILAN SEHAT

1. Kurangi Rasa Lapar

Cemilan sehat dapat membantu mengurangi lapar di antara waktu makan utama, sehingga membantu mengendalikan porsi makan.

2. Tambahan Energi

Ketika energi tubuh menurun di antara makanan utama, cemilan bisa hadir sebagai energi tambahan bagi tubuh.

3. Nutrisi Tambahan

Cemilan seperti buah-buahan, kacang-kacangan dan yogurt bisa memberikan nutrisi tambahan seperti serat, vitamin, mineral dan protein.

4. Menjaga Glukosa Darah

Cemilan dengan kandungan karbohidrat yang kompleks dapat membantu menjaga tingkat glukosa darah yang stabil, dapat mendukung konsentrasi dan fokus.

5. Menjaga Pola Makan

Cemilan yang sehat dapat membantu mencegah konsumsi berlebihan saat makan utama karena merasa terlalu lapar.

6. Pelengkap Nutrisi

Cemilan sehat bisa jadi cara untuk memastikan tubuh dapat nutrisi yang diperlukan jika makanan utama tidak cukup lengkap.

7. Metabolisme yang Tepat

Cemilan dengan protein dan serat dapat membantu menjaga tingkat metabolisme yang sehat.

8. Menjaga Stabilitas Darah

Cemilan sehat dapat membantu menjaga stabilitas tekanan darah, mencegah tekanan darah rendah yang bisa menyebabkan pusing.

Untuk membuat cemilan sehat juga caranya cukup mudah lho! Prosesnya juga gak ribet, nah apa aja sih contoh cemilan sehat?

Contoh Cemilan Sehat

1. Yoghurt dengan potongan buah segar

Yoghurt memiliki kandungan kalsium, protein dan probiotik yang baik untuk kesehatam tulang, melancarkan pencernaan dan membuat perut terasa kenyang lebih lama. Sebagai pelengkap yoghurt, kamu bisa berikan potongan buah segar yang kaya serat, vitamin dan mineral seperti mangga, pisang atau apel.

2. Kacang

Semua jenis kacang baik kacang tanah, kacang almond, kacang mete dan jenis lainnya kaya akan protein, vitamin, mineral dan serat lho!

Kacang baik dikonsumsi untuk kesehatan jantung karena terbukti dapat meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL) serta menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dan trigliserida. Kacang mengandung lemak sehat dan protein yang baik, tapi nggak disarankan untuk jadi add on semua makanan ya, karena lemak dalam kacang-kacangan bisa buat tubuh merasa kenyang, nantinya penyerapan energi dari makanan utama hanya bisa sedikit.

3. Hummus

hummus merupakan salah satu olahan kacang arab (chickpea) dengan sedikit biji wijen dan minyak zaitun. Cemilan untuk diet ini dikenal sebagai sumber protein yang baik. Oh iya, lemak yang terkandung disini adalah lemak tak jenuh ya. Kamu bisa memanfaatkan hummus sebagai dip sauce yang dimakan bersama sayuran rendah kalori, seperti timun.

4. Chia Puding

Jika kamu suka sekali dengan puding, kamu bisa mencoba varian satu ini, Puding Biji Chia. Biji chia termasuk makanan serat yang kaya akan serat dan bisa kamu masukkan ke dalam menu diet, baik vegan maupun diet keto. Biji chia merupakan sumber antioksidan yang membantu mengurangi peradangan dan meningkatkan kesehatan jantung.

Walau gak punya banyak rasa, biji-bijian ini punya tingkat kental yang mirip agar-agar saat direndam.

5. Keju Rendah Kalori

Keju ini berwarna putih dan terasa lembut karena terbuat dari dadih susu sapi yang diliarkan. Kaju ini mengandung protein lebih tinggi dan memiliki kandungan kalori yang rendah, cocok untuk diet.

Asupan kalori secara keseluruhan yang dapat menurunkan berat badan. Kamu bisa mengoleskan keju ini di atas roti atau menambahkan ke telur orak-arik.

6. Telur Rebus

Ketika ingin mengkonsumsi cemilan jenis satu ini, pastikan kamu tidak memiliki riwayat kolesterol ya. Karena telur lengkap dengan protein yang tinggi, Vitamin K2 dan B12. Konsumsi telur rebus tentu akan mengenyangkan perut dan mengurangi jumlah kalori yang kamu makan sepanjang hari. Sebaiknya, telur rebus ini kamu konsumsi di pagi hari, untuk menurunkan berat badan dengan sehat.

7. Oatmeal

Oatmeal tidak hanya kamu konsumsi saat sarapan, kamu bisa mengkonsumsi kapan saja. Kandungan serat yang cukup tinggi membuat oatmeal cukup mengenyangkan. Serat larut pada oatmeal menghasilkan gel dalam sistem pencernaan. Hal ini bisa menunda pengosongan lambung. Usahakan untuk memilih oatmeal instan tanpa rasa dengan taburan buah blueberry di atasnya untuk mendapatkan khasiat yang lebih baik.

8. Rujak

Rujak adalah cemilan sehat yang terdiri dari banyak macam buah-buahan. Beberapa jenis buah yang ada di rujak sendiri seperti Pepaya, Nanas, mangga muda, bengkoang hingga jambu air. Mengkonsumsi rujak, kamu bisa dapat banyak nutrisi seperti serat dan vitamin.

9. Granola

Sebelum mengkonsumsi cemilan satu ini, kamu wajib mengecek terlebih dahulu label gizi pada kemasan, pilih granola yang rendah gula tambahan dan lemak jenuh untuk menghindari konsumsi granola yang mengandung gula buatan atau pengawer.

Granola yang punya kandungan serat tinggi untuk menjaga kenyang lebih lama dan mendukung pencernaan yang sehat

10. Salad

Salad terdiri dari campuran sayuran segar seperti daun hijau, tomat, mentimun, paprika, dan lainnya. Cemilan ini mengandung serat, vitamin, dan mineral yang mendukung kesehatan tubuh. Serat dalam salad membantu menjaga pencernaan yang baik, menjaga rasa kenyang lebih lama dan menjaga stabilitas gula darah.

Sayuran dalam salad mengandung vitamin C, vitamin K dan antioksidan yang bermanfaat untuk sistem kekebalan tubuh, pembekuan darah dan melindungi sel dari kerusakan oksidatif. Pilihan protein dalam sala, seperti potongan daging ayam atau tahu, memberikan energi dan mendukung pertumbuhan dan pemeliharaan otot.

Nah, contoh cemilan sehat di atas bisa kamu jadikan ide untuk membuka usaha kamu kembali ya. Pilih cemilan yang modalnya masih masuk budget kamu ya. Kemudian pikirkan langkah marketing yang tepat secara online atau offline. Lalu pikirkan kemasan yang menarik dengan berikan tambahan stiker pada bagian atasnya atau paper bag yang berisikan nama usahamu, akun sosial media dan nomor telepon.

Setelah itu, selesai~ Selamat mencoba para wirausahawan!