Entertain, Event, Rekomendasi, Uncategorized, what's new

Penantian Usai, Coldplay Konser Perdana di Jakarta!

Setelah kurang lebih 2 tahun berkutat dengan pandemi covid-19 dan seluruh kegiatan onlinenya. Pada tahun ini kegiatan offline mulai kembali aktif dari event kuliner makanan hingga event konser musik. Lebih dari satu konser musik bisa terlaksana dalam waktu satu bulan. Musisi dunia juga memulai kembali tur dunia mereka, setelah sebelumnya terhambat karena pandemi. Beberapa di antaranya akan menyambangi Indonesia untuk menyapa fans mereka, salah satunya adalah Coldplay.

Terbentuk sejak tahun 1997, band asal London Inggris ini belum pernah sama sekali menyambangi Indonesia dalam tur promosi dunia mereka. Kedatangan mereka pada tahun 2023 ini adalah konser pertama mereka di Indonesia dan mendapat antusias oleh banyak penggemar. Fun Fact, Jakarta masuk empat besar pendengar bulanan Coldplay paling banyak sedunia di platform Spotify.

Tour Music of the Spheres World Tour ini memulai tur pertama mereka 18 Maret 2022 di San Jose Costa Rica. Chris Martin Cs ini sudah melakukan tur lebih dari 115 pertunjukan di seluruh dunia.

Coldplay Jakarta

Melalui PK Entertainment, promotor ini berhasil memboyong Chris Martin setelah melakukan negosiasi dan berhasil menunjuk Gelora Bung Karno sebagai lokasi konser mereka. Ketika awal pengumuman konser Coldplay, sosial media sangat ramai membicarakan konser ini. Berbagai spekulasi harga mulai berdatangan, hingga banyak yang menjadi calo dadakan untuk ‘war’ tiket konser tersebut. Tidak tanggung-tanggung, biaya yang mereka taksir untuk ‘jasa war’ tiket Coldplay ini mencapai lebih dari 50% dari harga tiketnya.

Namun, karena momen Coldplay ke Indonesia tidak mudah terulang kembali, penggemar rela mengocek nominal cukup besar asalkan bisa menghadiri konser band pelantun ‘fix you’ tersebut. Melalui situs resmi penjualan tiket Coldplay, PK Entertainment menjual tiket menjadi 9 kategori dan 2 kategori tambahan untuk “Ultimate Experience” dan “My Universe”.

Harga Tiket Coldplay

Ultimate Experience sendiri terjual dengan harga kurang lebih 11 juta rupiah, dengan nominal tersebut penggemar mendapatkan 1 tiket CAT 1, akses tour backstage sebelum pertunjukkan, kesempatan naik ke atas panggung, akses masuk venue lebih dulu, merchandise eksklusif seperti Lanyard untuk ultimate experience VIP, hadiah khusus dari Coldplay dan akses khusus untuk pembelian Merchandise. Sedangkan untuk kategori tambahan “My Universe” mendapatkan 1 tiket Festival, akses masuk ke venue konser lebih awal dan akses ke tempat penjualan merchandise lebih awal.

Penjualan tiket resmi coldplay ini sempat menjadi perbincangan hangat bagi netizen, dalam hitungan menit seluruh kategori sudah sold out. Namun, yang menjadi puncak kemarahan para netizen bukan karena tiket yang langsung sold out dalam waktu yang singkat, melainkan oknum-oknum yang memanfaatkan situasi tersebut untuk mengambil untung lebih. Mereka yang berhasil mendapatkan tiket Coldplay menjual kembali tiket mereka dan kembali menjualnya dengan harga 3x lipat lebih mahal. Salah satu pengguna Twitter ada yang menjual tiket konser tersebut dengan harga 60 juta rupiah! Euforia tiket konser coldplay ini juga jadi ajang perbuatan kriminal oleeh beberapa oknum untuk menipu pembeli lainnya, beberapa dari mereka bahkan berhasil tertangkap oleh polisi dengan modus penipuan.

Kini, konser yang tersebut akan berlangsung dalam hitungan hari, promotor resmi telah mengumumkan melalui Instagram mereka syarat penukaran tiket, rundown, barang-barang yang tidak boleh, serta aturan lainnya. Mengingat jumlah penonton akan mencapai ratusan ribu orang, membawa kendaraan pribadi bukan ide yang bagu karena akan memakan waktu dan menyebabkan kemacetan lalu lintas. Untuk menuju Gelora Bung Karno ada banyak akses transportasi yang bisa kamu pilih, di antaranya MRT, busway, dan ojek online.

5 Barang Wajib untuk Konser!

Bukan konser namanya jika, tidak memakai atribut berbau Coldplay. Siapkan OOTD terbaikmu untuk bertemu Chris Martin Cs ya, berikut beberapa rekomendasi barang yang wajib kamu bawa dan pakai untuk menonton Coldplay nanti:

Kaos

Kamu bisa custom beberapa desain kaos berbau konser coldplay di Jakarta dengan berbagai warna, pastikan juga kamu memilih ukuran yang tepat dan bahan yang terbaik untuk menyerap keringat ya, karena menonton konser nanti di tengah ratusan ribu penonton lainnya pasti membuat tubuhmu lebih berkeringat.

Kunciran Rambut

Khusus bagi perempuan atau laki-laki yang memiliki rambut agak panjang, kamu perlu bawa kuncir rambut ya, agar rambut kamu gak mudah lepek terkena keringat.

Tas Kecil

Dari akun resmi Instagram PK Entertainment, penonton tidak boleh menggunakan tas yang berukuran lebih dari A4, jadi pastikan kamu memakai tas kecil namun muatannya cukup banyak ya, agar barang-barang yang kamu butuhkan bisa masuk efisien.

Powerbank

Untuk mengantisipasi baterai handphone mu agar tidak habis di tengah-tengah konser, kamu bisa membawa powerbank akan tidak ketinggalan untuk merekam momen konser Coldplay, selain itu handphone yang aktif juga sangat berguna jika sewaktu-waktu kamu tersesat di tengah kerumunan dan terpisah dari teman-temanmu.

Parfume

Benda yang satu ini baiknya kamu pisahkan dulu isinya ke botol in jar yang kecil ya! Agar tidak memakan banyak space di dalam tas kamu. Benda ini penting sekali kamu gunakan agar aroma tubuh bisa tetap on point meskipun sudah berkeringat, kepanasan di antara kerumunan orang.

Fun Fact, sebelum akhirnya resmi mengadakan konser perdananya di tahun 2023, Coldplay pernah menolak untuk konser di Indonesia pada tahun 2017 saat ‘A Head Full of Dreams’ Tour lho! Hal ini karena Indonesia termasuk dalam kategori gagal dalam menangani isu lingkungan, mengingat band satu ini sangat ‘concern’ terhadap isu lingkungan di dunia. Chris Martin memastikan bahwa konser musiknya tidak akan merugikan lingkungan justru sebaliknya, panggung yang ia gunakan tersebut terbuat dari kombinasi bahan ringan, rendah karbon, dan dapat terpakai kembali (termasuk bambu dan baja daur ulang) setelah tur selesai. Gelang LED untuk penonton yang menjadi ciri khas konser Coldplay, terbuat dari 100% bahan nabati yang bisa daur ulang kompos.
Tidak hanya itu, dalam beberapa konser Coldplay sebelumnya, ada sepeda statis dan lantai yang dapat menghasilkan listrik untuk penonton. Penonton konser Coldplay dapat berdansa sambil mengendarai sepeda yang menghasilkan listrik. Sepeda-sepeda tersebut tersedia di beberapa titik lokasi konser. Penonton dapat aktif berkontribusi menghasilkan energi untuk menggelar konser melalui energi kinetik. Penonton yang tidak ingin naik sepeda masih dapat membantu menghasilkan listrik dengan hanya berloncat-loncat di lantai kinetik yang terpasang sekitar stadion.

Konser Coldplay ini bagai mimpi jadi kenyataan bagi masyarakat Indonesia, euforia ledakan warna saat konser berlangsung jadi pengalaman tak terlupakan bagi penggemar. Dari konser-konser mereka sebelumnya, Coldplay menembakkan meriam yang penuh dengan warna pelangi, dan menjatuhkan bola kuning raksasa ke penonton sambil memainkan hit terkenal mereka, “Yellow”. Seluruh arena akan berwarna dengan gelang berwarna dari penonton yang akan membuat suasana hati meningkat saat tenggelam dalam alunan lagu yang indah dari Coldplay.

Song List Coldplay

Berdasarkan dari konser-konser Coldplay sebelumnya, Chris Martin cs akan membawakan kurang lebih 25 lagu dalam konser mereka, di antaranya:

1. Higher Power

‘That you’ve got a higher power, Got me singing every second, dancing every hour’ lagu dari Album ‘Music of Spheres’.

Adventure of Lifetime

‘And I feel my heart beating, I feel my heart underneath my skin’ dari album ‘Head Full of Dreams’

Paradise

‘And dream of para-para-paradise, Para-para-paradise’ dari album ‘Mylo Xyloto’

Charlie Brown

‘In my scarecrow dreams When they smash my heart into smithereens’ dari album ‘Mylo Xyloto’

The Scientist


‘Nobody said it was easy, It’s such a shame for us to part’ lagu dari album ‘A Rush of Blood to the Head’

Viva La Vida


‘I used to roll the dice, Feel the fear in my enemy’s eyes’ lagu dari album ‘Viva la Vida or Death and All His Friends’

Hymn for The Weekend


‘You said, “Drink from me, drink from me, when I was so thirsty’ lagu dari album ‘Head Full of Dreams’

Let Somebody Go

‘All the storms we weathered, everything that we went through. Now, without you, what on earth am I to do?’ lagu dari album ‘Music of Spheres’.

Politik

‘Give me one ’cause one is best. In confusion, confidence’. Lagu dari album ‘A Rush of Blood to the Head’

In My Place

‘In My Place, In My Place. Were lines that I couldn’t change’. Lagu dari album ‘A Rush of Blood to the Head’

Yellow

‘Your skin, oh yeah, your skin and bones, Turn into something beautiful’. Lagu dari album ‘Parachutes’

Human Heart

‘My human heart, Only got a human heart’. Lagu dari album ‘Music of Spheres’.

People of the Pride

‘We’re no longer going to fight for, Some old crook and all his crimes’. Lagu dari album ‘Music of Spheres’.

Clocks

‘Confusion that never stops, Closing walls and ticking clocks’. lagu dari album ‘A Rush of Blood to the Head’

Infinity Sign

Lagu dari album ‘Music of Spheres’.

Something Just Like This

‘I want something just like this’. Single EP ft The Chainsmokers

Midnight

‘Now I just wanna stay here, fall into midnight’. Lagu dari album ‘Ghost Stories’

My Universe

‘Cause you, you’re my universe and i just want to put you first’. Lagu dari album ‘Music of Spheres’ ft BTS.

A Sky Full of Stars

‘Cause you’re a sky, ’cause you’re a sky full of stars’. Lagu dari album ‘Ghost Stories’

Sparks

‘My heart is yours, It’s you that I hold on to’. Lagu dari album ‘Parachutes’

Humankind

‘I say I know, I know, I know, We’re only human.’ Lagu dari album ‘Music of Spheres.

Fix You

‘and i will try to fix you,’. Lagu dari album ‘X&Y’

Biutyful

‘I’m nowhere else, I’m on top of the world, man’. Lagu dari album ‘Music of Spheres.

Details Konser

Sebelum Coldplay memulai konsernya, penyanyi solois Indonesia yakni Rahmania Astrini ditunjuk menjadi band pembuka sebelum Coldplay. Rahmania sendiri sudah berkarir sejak tahun 2017 dan memiliki lagu hits yang berjudul ‘Menua Bersama. Konser musik Coldplay digadang-gadang akan menjadi konser musik terbesar di Indonesia setelah sekian lama dampak dari pandemi dan renovasi Gelora Bung Karno, walaupun tak sedikit beberapa penonton yang tidak mendapat tiket memilih untuk menonton konser Coldplay ini di Singapura karena harga tiket lebih masuk akal dan tidak banyak calo nakal yang menjual 3-5x lipat lebih mahal dari harga normal. Di Singapura sendiri Chris Martin melakukan konser selama 5 hari karena antusias dari penonton yang luar biasa. Sepertinya langkah band kenamaan dari London ini untuk tour Asia tidak salah, seluruh tiket yang dijual habis dalam hitungan yang cukup singkat. Sayangnya di Indonesia tidak ada penambahan hari untuk konsernya.

Untuk kalian yang akan menonton konser Coldplay pada tanggal 15 November nanti, harap perhatikan terms & Condition yang berlaku ya! Pastikan selalu membawa obat-obatan jika diperlukan, membawa minum, jas hujan di tengah cuaca yang tidak pasti ini dan perlengkapan penting lainnya, pastikan juga kamu selalu siap sedia membawa uang cash untuk berjaga-jaga jika membutuhkan untuk membeli sesuatu ya! Mengingat jumlah orang pada konser akan membludak, dikhawatirkan akan mengganggu sinyal provider handphone juga!

Selamat menonton! Go, have some fun!

Penantian Usai, Coldplay akan Gelar Konser Perdana di Jakarta!