Entertain, Printing, Product Knowledge, Promosi & Branding, Rekomendasi

Penggemar Korea Jadi Peluang Bisnis Baru

penggemar korea

Demam Korea-Pop

Fenomena musik dari negara Ginseng, Korea Selatan memang sedang terjadi di seluruh dunia. Dengan bantuan sosial media, penggemar korea jadi peluang bisnis baru bagi kamu yang ingin membuka usaha. Akses informasi mengenai musik dari boy atau girl group mereka lebih mudah . Tak heran, dari usia muda hingga tua banyak yang ikut tertarik ke dalam pusaran fenomena Kpop ini. Selain lagu mereka yang terdengar ‘ear-catching’, penampilan mereka juga jadi faktor utama lho! 

Idol Kpop memang rata-rata memiliki paras yang hampir sempurna, tubuh yang proposional, kulit putih, hidung mancung dan mata yang indah. Hal itu wajar jika hal ini bisa menarik perhatian penggemar. Tidak mengherankan jika beberapa di antara fans mereka berbondong-bondong mengabadikan wajah idola mereka pada momen tertentu dalam bentuk pernak-pernik lho! Selain untuk properti, aksesoris kpop ini juga berguna untuk menunjukkan jati diri mereka, dari fandom mana mereka berasal. Bahkan hanya dari aksesoris, dapat membuat mereka mendapat kenalan atau teman baru. Secara cepat dan obrolan yang mereka miliki akan mengalir satu sama lain, karena mereka menyukai idola yang sama.

Di Indonesia sendiri, meledaknya kpop sudah terjadi dari tahun 2010 di era Super Junior dan SNSD. Namun, jumlahnya tidak se-massive sekarang, hal ini karena sosial media belum banyak beredar saat itu. Beda dengan hari ini, dengan banyaknya platform sosial media pemasaran musik mereka jadi lebih mudah tersebar. Dengan trend menari di TikTok, lagu mereka bisa booming dalam waktu yang singkat.

Blackpink dan BTS adalah contoh boy dan girl group Korea yang cukup terkenal seluruh dunia tanpa memandang usia. Para pedagang di Indonesia kini juga menjual berbagai jenis aksesoris berbau kpop untuk menarik perhatian pembeli

Tahukah kamu? Fenomena demam kpop ini bisa menjadi peluang untuk membuka bisnis baru dengan membuat custom pernak-pernik. Kira-kira, apa saja merchandise yang bisa menarik perhatian para penggemar Korea ya?

Pernak-Pernik Fans Kpop

1. Postcard

Photocard sendiri sudah menjadi barang eksklusif dalam dunia kpop lho! Hal ini karena biasanya photocard yang mereka dapat hanya dengan pembelian album official dari boy atau girl group tersebut. Biasanya penggemar akan mendapatkan secara acak, tidak bisa memilih sesuai favorite mereka. Untuk mensiasati hal ini, mereka akan bertukar dengan penggemar lain atau membuar custom idola mereka sendiri sesuai yang mereka sukai. Hal ini dapat kamu manfaatkan dengan menjual ‘custom photocard’ kepada penggemar yang menginginkan photocard sesuai idolanya.

2. Kipas Tangan

Produk satu ini mudah kalian temui saat konser musik kpop lho! Karena merchandise ini cukup bermanfaat saat mereka merasa ‘gerah’ di tengah keramaian. Menjelang hari konser, kipas tangan ini banyak pembelinya, baik untuk penggunaan pribadi atau memberikan secara gratis (freebies) kepada penggemar lain. Selain itu, tak sedikit dari penggemar juga yang akan membeli merchandise satu ini dengan wajah idola mereka guna sebagai koleksi.

3. Poster

Walau agak sedikit ‘old school’. Namun, beberapa penggemar masih menggantung atau menempel poster berwajah idola mereka di dinding kamar lho! Bahkan, beberapa di antaranya ada yang mencetak poster dalam jumlah banyak, lalu menempel di dinding kamar mereka sebagai wallpaper. Informasi tambahan, produk satu ini bisa menjanjikan profit yang menguntungkan jika berhasil terjual dalam jumlah besar.

Selain pada kamar, penggemar mencetak poster untuk menonton konser, agar mudah menarik perhatian idol yang berada di panggung. Para idol cukup sering membaca poster dan  memusatkan pandangannya ke penggemar tersebut.

4. Akrilik

Produk satu ini memang tidak banyak kalian temui di lokasi konser.

Namun, produk ini biasa menjadi hadiah untuk teman sesama penggemar. Bentuknya yang unik dan tidak memakan banyak tempat, cocok sebagai hadiah berkesan, karena bisa menjadi pajangan meja belajar mereka.

5. Totebag Custom

Penggemar Kpop dengan usia remaja 15-20 tahun biasanya lebih mendominasi, sehingga beberapa di antara mereka masih bersekolah atau berkuliah. Mereka biasanya enggan untuk menggunakan ransel karena ukurannya yang terlalu besar. Mereka lebih suka menggunakan totebag karena lebih simple dan memiliki muatan yang cukup banyak. Namun, meskipun simple dan muat banyak, totebag terkadang memiliki desain yang kaku atau hanya polos saja tanpa design. Kamu bisa ambil hal ini menjadi peluang dengan mencoba menjual totebag yang desainnya bebas custom oleh penggemar sesuai keinginan mereka.

Penggemar korea cukup banyak yang custom totebag mereka dengan idola mereka lho! Biasanya mereka memilih custom desain sendiri agar bisa sesuai dengan yang mereka inginkan dan tidak pasaran.

6. Pop Socket

New trending lainnya adalah aksesoris pop socket. Pop Socket sendiri berfungsi sebagai pegangan tambahan pada handphone dan meminimalisir terjatuhnya handphone dari genggaman. Popsocket memiliki bahan yang lebih nyaman untuk jari dan memiliki bentuk yang bisa di custom sendiri oleh penggunanya. 

Untuk fans korea, mereka menggunakan wajah idol mereka untuk hiasan pop socket. Mereka juga rela untuk menggocek uang lebih demi membeli case handphone lain dan menggunakan popsocket yang berbeda-beda untuk setiap casenya 

7. Gantungan Kunci Akrilik

Sama dengan aksesoris lain, gantungan kunci ini biasanya mereka custom dengan wajah idol untuk menunjukkan fandom mana ia berada. Selain itu, produk ini juga akan memudahkan penggunanya untuk menemukan kunci dengan cepat. Tapi produk ini tidak hanya untuk kunci, lho! Beberapa fans korea justru menggantungkan produk ini di resleting tas mereka dan menunjukkan fandom mana ia berasal.

8. Custom T-Shirt

Apalagi bagi penggemar korea yang suka copy-style idolanya,  apapun yang idolanya kenakan, pasti mereka mengikutiku, termasuk ke kaos sehari-hari mereka. Jangan heran, jika fans korea memiliki kaos dengan desian yang sama. Hal ini karena mereka memang mengikuti gaya idola mereka. Terkadang mereka juga melakukan custom kaos dengan desain mereka sendiri agar tidak sama dengan orang lain dan menjadi keunikan sendiri.

Jadi, bisnis custom t-shirt atau kaos layak sekali untuk kamu coba ya.

Target Market di Luar Fans Kpop

Penggemar korea memang banyak yang menggunakan aksesoris di atas. Tapi bukan berarti selain fans korea tidak tertarik pada produkmu. Permintaan untuk custom produk akan tetap tinggi karena kebutuhan setiap orang berbeda, Misalnya ada yang membutuhkan untuk custom merchandise kantor. Jadi, target pemasaran untuk bisnis ini bisa tetap meluas walaupun niche targetmu adalah fans korea.

 Alangkah baiknya promosi di sosial media tetap kamu lakukan agar pemasaran produk bisa maksimal. Sesuai dengan Niche, target utama pemasaran ini adalah fans korea. Sosial media yang paling sering mereka gunakan untuk berinteraksi adalah Twitter, sehingga ada baiknya kamu melakukan promosi di platform tersebut. Tidak perlu khawatir, karena media promosi di X atau twitter justru bisa minim budget lho! Bagaimana caranya?

Cara Promosi di Twitter

1. Ikuti Akun Menfess

Menfess adalah sebuah akun yang mana kamu dapat bertanya melalui akun tersebut. Admin akun akan mengunggah pertanyaan kamu dan membiarkan user twitter lainnya yang menjawab atas pertanyaan kamu, biasanya semakin menarik pertanyaan tersebut, semakin banyak user yang menjawab dengan jawaban mereka.

Dengan mengikuti akun ini, kalian bisa mengikuti 2 pola untuk promosi, yaitu:

  1. Sebagai orang yang bertanya

Misal, kamu bisa bertanya di menfess bagaimana caranya memulai bisnis online. Namun, tidak menggunakan modal dan resikonya tidak besar.

  1. Sebagai orang yang menjawab

Dari pertanyaan tadi, kamu bisa menjawab sambil promosi akunmu, bahwa peluang bisnis yang memungkinkan adalah dengan menjual custom merchandise dan tautkan juga akunmu, serta berbagai kelebihan lainnya. Misal: harganya lebih muran dan prosesnya cepat. dengan begitu para pengguna twitter lainnya akan mengunjungi akunmu dan mengenal produk-produkmu juga.

Kemudian pada akun menfess ini juga, kamu bisa ikut nimbrung pada pertanyaan orang lain dengan jawaban kamu, sambil promosi produk. Tapi perlu kamu ketahui, tidak semua pertanyaan dapat kamu balas, pastikan pertanyaan tersebut tidak mengandung isu sara dan berduka ya.

2. Ikuti Akun Kpop

Di twitter sendiri, akun fanbase kpop cukup tersebar. Nah, kamu bisa ikuti mereka di akun twitter dan coba interaksi dengan sesama fans kemudian tawarkan produkmu. Jika kamu punya budget lebih, kamu bisa menanyakan biaya paid promote pada akun twitter mereka, biasanya harganya berkisar antara 25 ribu – 100 ribu tergantung dengan engagement rate dan jumlah pengikut mereka.

3. Buat Thread

Kamu bisa mencoba untuk membuat thread tweet produk apa saja yang kamu jual, gunakan bahasa yang mudah untuk orang lain mengerti dan berikan sedikit lelucon, sehingga mereka bisa menyukai tweetmu dan membacanya sampai habis, kemungkinan mereka klik link untuk produkmu jadi lebih besar.

4. Join the Threading

Tahukah kamu? Beberapa berita terbaru dan terkini justru banyak bermula dari twitter lho! Bagi artis, politikus ataupun musisi yang tidak sengaja melakukan kesalahan ataupun terseret kasus tertentu, pasti beritanya menyebar dari twitter, baru setelah itu menyebar melalui instagram dan TikTok. Kamu bisa cek di twitter apa yang sedang trending, lalu kaitkan dengan produkmu ya! Tapi, pastikan kembali tidak ada isu SARA di dalamnya.

Misal: kata yang trending ‘Gibran’, kamu bisa ikut membuat tweet dan memasukkan kata ‘gibran’ di dalamnya, cth: ‘mas gibran, denger-denger resmi jadi cawapres ya? Ciee. Jangan lupa ya mas, print bajunya sama kami hehe’ kemudian jangan lupa tautkan produkmu ya!

Manfaatkan Sosial Media

Selain twitter, tidak ada salahnya untuk mencoba platform sosial media lain seperti TikTok dan Instagram guna mencari target pembeli lainnya, walaupun agak sedikit sulit karena perlu membuat konten design tertentu, tapi tidak ada salahnya mencoba agar mendapatkan hasil yang maksimal.

Terkait konten, kamu tidak perlu khawatir lagi, karena beberapa aplikasi baik di Android maupun Apple sudah mulai merajalela, dengan bantuan teknologi AI, kamu bisa membuat design dalam hitungan detik. Namun, teknologi tetap saja selalu ada titik erornya, sehingga kamu perlu rajin-rajin untuk memeriksa kembali. Jika kamu kurang puas dengan hasil design dari teknologi AI, kamu tidak perlu khawatir, berikut rekomendasi aplikasi yang bisa kamu gunakan untuk design kebutuhan konten kamu:

Rekomendasi Aplikasi Gratis :

1. Canva

Aplikasi satu ini sudah sangat terkenal, bahkan di kalangan design grafis sekalipun. Dari anak sekolah hingga para pelaku usaha menggunakan aplikasi ini, selain karena gratis, aplikasi ini bisa kamu akses melalui device apapun, baik dari handphone maupun laptop. Aplikasi ini gratis kamu download, walaupun ada beberapa elemen yang berbayar, tapi kamu masih punya pilihan lainnya yang gratis.

Kamu yang tidak bisa design pun tidak perlu khawatir, karena canva menyediakan banyak template yang bisa kamu gunakan untuk konten produkmu, jadi jauh lebih mudah ya.

2. Capcut

Jika aplikasi sebelumnya berfokus pada desain, aplikasi satu ini berfokus pada pembuatan video. Kamu cukup ambil video produkmu, kemudian tinggal pilih template mana yang mau kamu gunakan untuk konten di sosial mediamu, masukan, tambahkan sedikit tulisan mengenai produk dan nama tokomu, selesai, kamu bisa upload kontenmu kini di Instagram dan Tiktok.

3. Unfold

Aplikasi ini salah satu optional dari aplikasi sebelumnya, jika di capcut kamu bisa membuat video dengan durasi yang lebih panjang, di aplikasi ini lebih pendek karena mereka berfokus dalam pembuatan story instagram. Namun, tidak perlu khawatir karena template yang mereka sediakan cukup modern dan unik, sehingga mampu menarik perhatian pengguna yang melihatnya.

Setelah mendapat peluang bisnis, produk dan cara mempromosikannya, kini saatnya kamu percayakan usahamu ke percetakan mampu memberikan hasil yang berkualitas dan menawarkan harga lebih murah daripada yang lain, mengingat semua produk ini akan kembali kamu jual, pentingnya mencari tangan pertama yang menjual produknya dengan harga murah, sehingga kamu lebih mudah untuk mengambil untung tanpa harus meninggikan harga terlalu banyak di sosial media dan e-commerce lainnya, jadi kamu bisa bersaing dengan para penjual lainnya. 

Tempat printing dengan kualitas terbaik,cepat dan murah hanya di printlagi. Hubungi kami sekarang juga untuk informasi dan promosi yang menarik lainnya.