Entertain, Rekomendasi, Tips and Trick, what's new

5 OLEH-OLEH YANG COCOK DIBAWA WAKTU MUDIK GRATIS!

Siapa yang sudah bersiap untuk balik kampung lebaran ini? Kamu berencana balik menggunakan transportasi apa? Bis? Kereta atau pesawat? Sudah beli tiketnya? Untuk tiket mudik kereta sudah dijual resmi lho oleh tim KAI atau Kereta Api Indonesia, bahkan untuk mendapatkan tiketnya sendiri kamu harus cepat karena akan berebut dengan ratusan ribu penumpang lainnya. Sedangkan untuk pesawat, kamu tidak perlu war tiket. Namun, harga tiket pesawat sendiri pada masa mudik akan naik hingga 2 kali lipat, pastikan kamu sudah mempersiapkan uangnya ya.

Tapi, kalian yang biasa mudik menggunakan kendaraan pribadi tidak perlu khawatir dengan tiket pastinya ya. Hanya saja kalian perlu lebih berhati-hati dengan arus lalu lintas. Karena bukan kalian saja yang sedang dalam perjalanan pulang kampung, tapi ratusan ribu orang lainnya di Indonesia juga melakukan hal yang sama. Dalam mudik ini, pemerintah melakukan berbagai upaya agar para pemudik tetap aman, selamat dan lalu lintas dapat teratur. Di antaranya, ketika masa mudik tiba para aparat keamanan membuat rekayasa lalu lintas agar tidak terjadi kemacetan yang panjang, mereka juga mendirikan posko yang menyediakan tempat istirahat agar para pemudik yang mengendarai motor dapat beristirahat sebentar sebelum kembali melanjutkan perjalanan.

Dalam perjalanan mudik sendiri, jika kamu menggunakan kendaraan pribadi hal yang harus kamu persiapkan adalah fisik dan energi yang mencukupi. Jika dirasa kamu sudah mulai lelah atau mengantuk jangan segan untuk beristirahat agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Tidak perlu terburu-buru yang penting selamat, ingat keluarga menunggu di rumah.

Nah, sebelum mudik tidak ada salahnya kamu mempersiapkan fisik yang kuat ya. Apalagi di bulan Ramadhan, berikut tips menjaga fisik sebelum mudik

Tips Jaga Fisik untuk Mudik

1. Konsumsi Vitamin

Penting sekali menjaga asupan vitamin untuk daya tahan tubuh. Apalagi saat bulan puasa, tubuh kita tidak mengkonsumsi makanan dan minuman selama 12 jam namun tetap beraktivitas seperti sedia kala. Oleh sebab itu, kamu harus tetap menjaga tubuh kamu agar tidak mudah sakit. Konsumsi vitamin bisa kamu lakukan saat sahur dan berbuka ya.

Sehingga fisik kamu dalam keadaan prima ketika akan mudik.

2. Istirahat yang Cukup

Selama bulan puasa, kamu harus beristirahat dengan cukup. Pastikan setelah melakukan ibadah tarawih kamu langsung beristirahat. Karena, kamu hanya akan tidur sebentar kemudian harus bangun untuk melaksanakan ibadah sahur dan sholat subuh. Tentu jam tidur akan lebih terpangkas, oleh sebab itu memanfaatkan waktu istirahat yang ada dengan sebaik-baiknya adalah kewajiban.

Dengan istirahat yang cukup juga, fisik kamu untuk mudik bisa terjaga selama dalam perjalanan.

3. Melakukan Medical Check Up

Sebelum berpergian jauh, penting untuk mengecek kondisi kesehatan kamu dari tensi darah, kolesterol dan lainnya. Hal ini berguna agar kamu dapat melakukan pencegahan atau mengobatinya terlebih dahulu sebelum melakukan mudik. Karena jika kamu sedang sakit, baiknya jangan memaksakan untuk pergi ya, karena mudik adalah perjalanan yang panjang dan memakan waktu yang lama.

4. Kotak Obat P3K

Pastikan kamu sudah mempersiapkan kotak obat P3K yang berisi obat-obat yang kamu butuhkan ya. Pastikan obat tersebut memiliki tanggal kadaluarsa yang lama dan pastikan bahwa obat-obat tersedia untuk kalangan usia berapapun. Incase, kamu memiliki anak kecil jangan lupa untuk stok khusus untuk anak-anak ya. Kotak obat ini sangat penting terutama bagi kamu yang memiliki riwayat penyakit dan harus meminum obat setiap harinya.

Jika segala persiapan sudah kamu lakukan, berarti kamu tinggal mencari waktu dan transportasi yang tepat untuk melakukan mudik lebaran. Funfact! Pemerintah mengadakan mudik gratis lho! Melalui Kementerian Perhubungan, pemerintah menyediakan bus gratis untuk para pemudik, caranya gimana?

Cara Mudik Gratis

Tahun 2024 ini pemerintah melalui Kementerian Perhubungan (KEMENHUB) menyediakan 700 bus untuk 30.088 penumpang. Pendaftaran sendiri dibuka sejak 5 MAret 2024 – 3 April 2024. Untuk tanggal keberangkatan arus mudik di tanggal 5 April 2024 – 7 April 2024 dan untuk keberangkatan arus balik di tanggal 14 dan 15 april 2024.

Step by Step Regist Online:

Cara mendaftarnya dilakukan secara online, dengan cara:

  • Unduh aplikasi Mitra Darat di Smartphone.
  • Buka dan daftar/masuk akun Mitra Darat.
  • Pilih tujuan mudik dan jumlah peserta mudik.
  • Isi kelengkapan data peserta mudik sesuai NIK.
  • Setelah pendaftaran berhasil, peserta akan mendapatkan kode booking untuk divalidasi menjadi e-ticketing.

Sebelum mendaftar, pastikan kamu sudah membaca syarat dan ketentuannya ya.

Syarat & Ketentuan Mudik Gratis

  • Peserta wajib memiliki dokumen kependudukan yang sah (KTP/SIM/KK) pada saat mendaftar.
  • Peserta hanya bisa memilih satu kota tujuan mudik.
  • Jika peserta akan mengikuti mudik balik/PP, maka pendaftaran arus balik dilakukan bersamaan pada saat mendaftar arus mudik (dengan catatan, kota tujuan mudik yang dipilih ada pilihan kota arus balik dan peserta hanya bisa ikut arus balik sesuai dengan kota tujuan arus mudik).
  • Peserta hanya diberikan waktu H+7 setelah tanggal pendaftaran untuk melakukan registrasi/validasi ulang di posko yang telah ditentukan.
  • Apabila lewat H+7 peserta tidak melakukan validasi ulang, maka data peserta dianggap gugur/hangus (kuota akan otomatis bertambah), dan tidak bisa mendaftar ulang (NIK diblok oleh sistem) agar memberikan kesempatan kepada peserta lain yang ingin mendaftar/belum mendapatkan kuota mudik/balik.
  • Peserta yang mudik-balik dengan motor, wajib membawa kelengkapan surat kendaraan dan menyerahkan motor sesuai dengan tanggal yang ditentukan/H-1 sebelum tanggal seremonial bus.
  • Peserta dalam keadaan sehat jasmani dan rohani pada saat keberangkatan arus mudik/balik. Peserta wajib datang minimal 1 jam sebelum jam keberangkatan.

Jika kamu menggunakan transportasi umum, baiknya barang-barang atau hampers yang ingin kamu bagikan di kampung halaman nanti kamu sudah kirim lebih dulu menggunakan jasa pengiriman. Hal ini berguna untuk tidak merepotkan kamu dengan barang bawaan yang banyak, barang bawaan yang terlalu banyak juga bisa merugikan untuk kamu lho! Mengingat angka kriminalitas pencurian barang juga cukup tinggi, maka kamu perlu sangat waspada terhadap barang bawaan kamu. Jika barang bawaan kamu cukup banyak, maka akan sedikit merepotkan dan pasti lebih berat jadi bisa membuat kamu lebih lelah.

Nah, biasanya ketika kita balik kampung pasti membawa oleh-oleh juga untuk mereka kan? Biasanya oleh-oleh yang dibawa adalah sesuatu yang khas dari daerah tempat kita merantau. Oleh-oleh ini bisa kamu bagikan pada keluarga dan sanak saudara ataupun kamu bagikan ke teman-teman lamamu. Berikut rekomendasi oleh-oleh untuk mudik yang bisa kamu coba ya!

5 Oleh-Oleh untuk Mudik

1. Makanan Khas Tempat Merantau

Untuk kamu yang merantau cukup jauh dari kota asalmu, membawa oleh-oleh makanan khas sangat mereka tunggu lho! Untuk mereka, makanan khas sangatlah unik dan jarang mereka temui, jadi membawa makanan khas ini pasti jadi rebutan banyak orang. Kamu hanya perlu memastikan bahwa makanan yang kamu bawa memiliki jangka waktu kadaluarsa yang cukup lama atau setidaknya tahan untuk berhari-hari agar tidak basi.

2. Souvenir Khas Tempat Merantau

Selain makanan, souvenir khas ini juga jadi favorite orang-orang lho! Ada banyak souvenir yang bisa kamu jadikan oleh-oleh, dari gantungan kunci, baju, hingga hiasan pajangan. 

Kamu bisa tentukan jenis souvenir yang kamu inginkan sesuai dengan usianya. Bahkan, kamu bisa menggabungkan makanan khas dan souvenir ini jadi hampers khusus untuk kamu bagikan ke sanak saudara dan teman-temanmu di kampung halaman lho!

3. Baju Lebaran

Jika kamu membelikan baju lebaran untuk orang tuamu atau keluargamu yang lain tanpa sepengetahuan mereka, ini bisa jadi kejutan lho! Jadi tidak ada salahnya untuk mencoba membeli ini sebagai kejutan untuk keluarga kamu.

4. Alat Ibadah

Barang satu ini juga sangat bermanfaat lho! Karena biasanya akan mereka kenakan untuk melaksanakan sholat ied ketika hari raya nanti. Biasanya alat ibadahnya berupa mukena, sajadah dan sarung. Jika kamu ingin membuat hampers alat ibadah ini dengan budget yang hemat dan jumlah yang banyak kamu bisa membeli sajadah travel karena harganya lebih ekonomis, lalu dalam bagian packing kamu bisa tambahkan hal lainnya seperti tasbih digital ataupun kompas arah ka’bah.

5. Minuman Herbal

Jika di daerah tempat perantauan kamu ada yang menjual minuman khas herbal yang khasiatnya untuk kesehatan tidak ada salahnya untuk membeli dalam jumlah banyak. Kemudian produk satu ini bisa kamu bagi ke dalam botol kemasan lainnya untuk dibagikan ke orang-orang sekitar sebagai oleh-oleh.

Jika kamu berencana untuk menjadikan oleh-oleh ini sebagai hampers atau bingkisan lebaran, tidak ada salahnya untuk memberi sentuhan lainnya agar ramadhan dan hari raya idul fitri semakin terasa, yakni dengan memberi pelengkap seperti kartu ucapan selamat idul fitri, hangtag atau sticker yang bertemakan ramadhan.

Jika kamu tertarik untuk membuat pelengkap tersebut, jangan sungkan untuk kunjungi website kami atau pesan langsung melalui shopee:printlagi untuk order kebutuhan hampers kamu dengan tepat dan cepat ya!

Related Posts