Perusahaan, Promosi & Branding, Tips and Trick, UMKM

Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Membuat Stiker untuk Bisnis

Dengan maraknya konten D.I. Y <do it yourself> pada sosial media, banyak orang yang berlomba-lomba saling memanfaatkan sisi kreatif mereka dalam membuat barang-barang yang ada disekitar mereka terlihat lebih estetik,lucu dan gemas. Berikut ini adalah beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum membuat stiker untuk bisnis.

Beberapa di antaranya ada yang di daur ulang sehingga kembali bermanfaat, ada juga yang membuat sebuah barang jadi terlihat lebih bagus dari sebelumnya. Salah satu contohnya adalah Scrapbook/ Journaling book, karena dianggap bisa menyimpan sebuah memori/kenangan juga. Selain itu, kita bisa dengan mudah menemukan barang-barang kreatif yang lain, antara lain hanya notebook & beberapa sticker.

Kita bisa membuat stiker untuk bisnis dengan desain yang menarik untuk memikat para customer sehingga mereka tertarik untuk membeli. Apalagi dengan harga yang murah, tidak membuat mereka berpikir 2 kali. Hal ini juga yang membuat beberapa penjual atau pengusaha tertarik membuat custom stiker untuk mereka jual kembali.

Pada artikel kali ini, printlagi akan memberikan informasi beberapa hal yang perlu kalian perhatikan sebelum membuat sticker.

7 Hal yang perlu kamu perhatikan dalam membuat sticker

1. Tentukan ‘Niche’ Produk Sticker Kamu

Apakah itu niche? Kurang lebih pengertiannya adalah kepentingan yang sama (membutuhkan barang yang sama) yang ada pada sekelompok konsumen atau audience. Dalam hal ini, kamu bisa menentukan dari berbagai kategori, misal ‘jenis produk’ (sticker bemper, stiker foto, stiker laptop,etc), ‘kategori’ (aksesori, dekorasi rumah, magnet), ‘tema’ (bunga, lucu, retro), atau campuran dari berbagai subkategori (stiker bemper lucu atau stiker vinyl retro) dan lain-lain. semakin sempit kategorinya, semakin baik, karena kamu dapat menargetkan pembeli dengan baik.

2. Tentukan juga Target Audience

Untuk memulai bisinis, kita harus paham cara menjualnya yaitu dengan menyesuaikan dengan target audience. Walaupun dalam proses penjualan online, siapapun pembelinya dapat membeli produk stiker kita. Namun, kita harus menentukan target utama kalian, karena ketika akan membuat sticker, kita harus membayangkan siapa yang akan menggunakan sticker ini dan dimana mereka akan menempel.

3. Berikan Merek pada Sticker Kamu.

Sticker dapat mewakili sebuah brand dan membawa nama brand tersebut kemana-mana. Misalnya, saat membeli hoodie dari brand tertentu, mereka menyertakan stiker gratis beserta pesanannya. Tentunya pembeli tidak akan mengacuhkan sticker tersebut, ia pasti akan menempelkannya di laptop, notebook, lemari es – apa saja. Jadi, stiker bukan hanya sekedar stiker. Mereka mewakili pengalaman, nilai, standar, dan bahkan emosi.

4. Memilih Jasa Cetak yang Terbaik

Jika kamu ingin menggunakan sticker untuk sarana promosi brand kamu ataupun dijual kembali, kamu harus memilih jasa cetak yang sudah terjamin kualitasnya dengan harga yang murah meriah.

Printlagi menawarkan banyak jenis sticker dengan berbagai bahan, laminasi, ukuran dan bentuk. Kita telah mencetak lebih dari 100++ ribu sticker untuk berbagai kebutuhan, dari UMKM, perusahaan hingga kebutuhan pribadi.

5. Pilih E-commerce untuk Berjualan

Langkah selanjutnya, jika kamu memutuskan untuk menjual kembali sticker designmu adalah memilih e-commerce dan sosial media mana yang akan kamu gunakan untuk melakukan pemasaran produk kamu secara online. Saat memilih e-commerce untuk bisnis kamu, pastikan dengan teliti rencana harga, berdasarkan biaya iklan, potongan dari e-commerce, ongkir, dan sebagainya.

6. Buat Design Sesuai Target Audience

Jika target audiencenya adalah anak-anak muda yang menyukai Korean-Pop, maka kamu bisa memulai membuat design yang berbau korea, misal: BTS, Lightstick, tulisan hanggul, dan lain-lainnya. Hal ini agar mereka tertarik. Namun, kamu juga bisa membuat design lainnya yang tidak harus berbau korean-pop, misalkan petualangan atau anak muda yang hobi menonton film. Jadi stiker untuk bisnis saat ini memiliki banyak peluang sesuai dengan target audience.

7. Tentukan Perencanaan Pemasaran

Kamu bisa mulai menentukan strategi promosi produk kamu sesuai dengan budget yang kamu miliki, jika belum memiliki budget untuk promosi di sosial media, kamu bisa memanfaatkan tools gratis seperti hashtag pada instagram, promosi di ig story teman sekitarmu atau whatsapp story. Namun, jika kamu sudah memiliki budget sendiri, kamu bisa mencoba placement konten/iklan pada akun-akun instagram atau twitter yang persona akunnya sama dengan audience. (cth: untuk korean-pop, zonakpop.id)

Printlagi telah berkolaborasi dan mencetak banyak design sticker yang digunakan untuk banyak kepentingan, ada yang untuk kepentingan usaha mereka, kepentingan pribadi, kepentingan pemilu, dan banyak lainnya. Printlagi mengedepankan prinsip ‘harga anak kos, kualitas like a boss’, sehingga printlagi selalu memberikan hasil cetakan yang terbaik dan melakukan quality control sebelum melakukan pengiriman pada customer, baik mereka yang memesan dalam jumlah kecil, maupun besar.

Segera custom kebutuhan cetak kamu sekarang juga bersama printlagi!