Entertain, Event, Perusahaan, Uncategorized

Rekomendasi Ide Outing Sambut Semangat Baru!

Dalam hitungan hari, tahun 2023 akan segera berakhir. Menyambut tahun baru tentu oleh semangat baru. Tak sedikit orang yang menuliskan resolusi atau cita-cita mereka yang ingin tercapai pada tahun 2024.

Tak hanya orang secara individual, perusahaan sekalipun memiliki rencana resolusi perusahaan mereka ke depannya. Oleh sebab itu, tak jarang beberapa kantor mengadakan outing atau liburan di awal tahun sambil melakukan rapat kerja mengenai rencana dan tugas-tugas dari setiap divisi untuk satu tahun ke depan.

Biasanya untuk sebuah perusahaan, rencana pekerjaan akan terjabarkan sesuai per-kuartal oleh setiap divisi. Beberapa bahkan memiliki rencana pekerjaan per 6 bulan, biasanya hal ini hanya berlaku untuk divisi yang sudah memiliki SOP khusus untuk pekerjaan mereka, sehingga perubahan tak perlu harus signifikan.

Kenapa Harus Outing

Menyambut tahun yang baru dengan rencana yang baru, ada baiknya jika membicarakannya dengan suasana yang menyenangkan. Kegiatan outing adalah salah satu yang bisa meningkatkan produktivitas dan juga membantu karyawan untuk berkembang.

Jika pembicaraan yang serius dan penting dengan suasana lingkungan yang menyenangkan maka tidak akan ada ketegangan atau perasaan tertentu sehingga bisa lebih efektif. Selain itu, kegiatan outing merupakan salah satu bentuk tanggung jawab perusahan pada karyawan.

Tahukah kamu kalau outing sendiri punya banyak manfaat lho! Apa saja ya?

Manfaat Outing

1. Keakraban

Outing bisa jadi wadah untuk membangun tim building dan tim bonding di antara karyawan. Dengan outing, karyawan bisa saling berkomunikasi dan akrab satu sama lain meskipun beda divisi sekalipun, sehingga karyawan tidak canggung lagi.

2. Relaksasi

Kegiatan untuk bersenang-senang tanpa melibatkan fisik, pikiran dan emosional.

3. Kepedulian

Secara tidak langsung, kegiatan ini dapat memberikan kesempatan pada karyawan untuk saling berdiskusi mengenai pekerjaan dan masalah lainnya sehingga mereka lebih terbuka satu sama lain.

4. Motivasi Karyawan

Dengan komunikasi yang baik antar pegawai, dapat memberikan kesempatan pada karyawan untuk saling berdiskusi mengenai pekerjaan.

5. Menyatukan Karyawan

Dalam perusahaan biasanya ada hirarki atau posisi tertentu yang menciptakan batasan dalam bersikap dan berkomunikasi. Dengan outing, dapat memberikan kesempatan karyawan berkomunikasi dengan bebas dan terbuka antara satu sama lainnya.

Berikut rekomendasi ide outing yang bisa kamu lakukan bersama-sama rekan kerjamu.

Rekomendasi Ide Outing

1. Berkunjung ke Tempat Rekreasi

Mungkin memilih tempat rekreasi wisata sebagai lokasi outing kantor bisa kamu jadikan pilihan. Misalnya, wahana bermain, wisata alam hingga kebun binatang. Cocok jika perusahaan merencanakan untuk melakukan outing di dalam kota dan tidak menginap.

2. Outbond

Kegiatan satu ini sepertinya hanya cocok untuk kantor yang karyawannya didominasi oleh usia muda. Karena kegiatan satu ini cukup menguras tenaga karena banyak kegiatan secara fisik. Jika kamu tertarik untuk melakukan kegiatan satu ini, pilihlah tempat yang cukup luas, terbuka dan aman untuk dimainkan oleh banyak orang, seperti taman atau kebun raya.

Kegiatan satu ini sekaligus dapat membantu karyawan untuk meningkatkan kerja sama mereka dalam memecahkan masalah, hingga menciptakan keterampilan yang kreatif lho!

3. Makan-makan

Kegiatan satu ini bisa jadi opsi jika ingin melakukan raker atau outing bersama karyawan lainnya. Jika tidak ingin mengeluarkan banyak tenaga, kegiatan ini juga memberikan kemudahan bagi karyawan yang tidak bisa bepergian jauh. Dengan hanya melakukan kegiatan makan-makan ini, mereka yang tidak bisa pergi jauh tetap bisa mengikuti kegiatan.

4. Berkemah

Kegiatan satu ini bisa dipilih sebagai kegiatan outing. Untuk sesaat kamu bisa mengajak rekan-rekan kerjamu untuk melepas penat dengan melihat dan menghirup udara alam secara langsung. Biasanya untuk melakukan kegiatan ini dibutuhkan pembentukkan tim dengan tugas masing-masing. Nah, kegiatan ini bisa menciptakan kerjasama dan komunikasi yang baik antar pegawai.

5. Olahraga Air

Rafting, berenang, snorkeling, diving dan banana boat bisa kamu jadikan pilihan untuk kegiatan outing. Selain menyenangkan, kegiatan ini bermanfaat untuk meningkatkan kebugaran dan kesehatan tubuh.

Tapi, sebelum merencanakan outing, pastikan biaya yang dikeluarkan cukup efisien dan tidak membebani baik bagi perusahaan maupun kantor ya. Jadi pergi ‘outing’ ini akan sesuai dengan tujuannya, yakni bersenang-senang dan memberikan angin segar yang singkat bagi karyawan.

Gak cuma itu, sebagai kenang-kenangan biasanya outing memerlukan beberapa merchandise untuk kegiatannya lho! Apa saja ya?

Merchandise Outing

1. Kaos Custom

Biasanya pada saat melakukan kegiatan outing, karyawan kompak mengenakan kaos custom bertuliskan nama perusahaan mereka. Contoh, “Printlagi outing 2024” Selain sebagai tanda agar tidak tersesat dengan rombongan lain. Kaos ini juga menjadi kenang-kenangan untuk para karyawan nantinya.

Custom kaos di printlagi tersedia banyak warna dan tersedia dalam berbagai ukuran. Bahan bajunya juga di design untuk menyerap keringat. Cocok untuk aktivitas di luar ruangan.

2. Topi

Walaupun terbilang jarang. Namun, ada loh perusahaan yang menggunakan topi sebagai merchandise outing mereka. Dengan custom logo perusahaan dan kegiatannya. Merchandise satu ini juga cocok jika kegiatan outing kamu mulai sejak pagi hari menuju siang, untuk menghalau sinar matahari agar tidak terlalu terasa panas di kepala.

3. Banner

Walaupun barang satu ini paling sedikit ketika proses pembelian daripada 2 barang sebelumnya. Namun, barang ini sifatnya wajib saat outing lho! Jika tidak ada barang satu ini maka outing akan terasa kurang, karena biasanya banner akan terpakai saat melakukan raker ataupun ketika mereka akan foto bersama.

Namun, outing tidak bisa terjadi begitu saja. Setiap perusahaan perlu memikirkan dan mempersiapkan banyak hal agar outing dapat berjalan lancar. Nah, jika kantormu memiliki rencana untuk outing. Pastikan langkah pertama yang kamu pilih ialah membentuk panitia penyelenggara, karena mereka yang akan menentukan tempat, akomodasi dan kebutuhan lainnya.

Nah, persiapan apa yang panitia penyelenggara butuhkan ya?

Persiapan Sebelum Pergi Outing

1. Anggaran

Sudah jelas, ini menjadi hal pertama yang harus kantor persiapkan sebelum mengadakan outing untuk karyawan.

Pastikan dulu bahwa perusahaan memiliki budget untuk acara bersama karyawan. Jika sudah ada, panitia penyelenggara bisa mengalokasikan budget yang tersedia ke pos-pos anggaran yang karyawan butuhkan, seperti konsumsi, akomodasi, dan transportasi.

Jangan paksakan untuk mengadakan acara yang mewah jika anggaran yang tersedia terbatas. Sebab, tujuan utama dari outing adalah untuk mengakrabkan setiap karyawan, bukan mengadakan acara jalan-jalan sembari menikmati kemewahan.

2. Lokasi

Pemilihan lokasi yang tepat jadi salah satu kunci penting dalam menunjang kesuksesan acara kantor. Oleh karena itu, pertimbangkanlah lokasi yang dapat mengakomodasi kebutuhan-kebutuhan acara, seperti penginapan, ruang pertemuan, dan tempat rekreasi.

Pastikan juga lokasi tersebut mudah akses untuk semua peserta, baik melalui transportasi umum maupun kendaraan pribadi. Agar lebih nyaman, periksa juga fasilitas dan layanan yang tersedia di lokasi, seperti tempat parkir, kamar mandi, dan restoran atau kantin.

3. Susunan Acara

Setelah menyiapkan anggaran dan lokasi, langkah selanjutnya perlu panitia perhatikan adalah susunan acara. Pastikan susunan acara berisi dengan kegiatan seru sekaligus dapat merekatkan hubungan antar karyawan agar acara dapat berjalan menyenangkan dan bermanfaat bagi semua peserta.

Adapun beberapa aktivitas saat ini adalah permainan tim, sesi pelatihan atau workshop, diskusi kelompok, dan rekreasi. Jangan lupa juga untuk menyertakan waktu luang yang memadai agar karyawan dapat bersosialisasi dan bersantai.

4. Transportasi

Biasanya, kegiatan ini terlaksana dari lokasi yang cukup jauh dari perkotaan. Jumlah pesertanya pun relatif banyak. Oleh karena itu, mempersiapkan transportasi dengan kapasitas penumpang yang banyak, seperti bus pariwisata, jelas jadi hal yang harus kamu persiapkan.

Penggunaan bus pariwisata sebagai transportasi massal dapat memberikan beberapa keuntungan yang signifikan bagi perusahaan dan karyawan sebagai peserta outing. Selain efisien karena dapat mengangkut banyak orang sekaligus, bus pariwisata juga dapat memfasilitasi karyawan untuk saling berinteraksi dan membangun hubungan tim yang lebih dekat.

Pastikan pula bus yang akan terpakai nyaman untuk berpergian jauh dan fasilitas unggulan yang lengkap agar para peserta dapat menikmati perjalanan.

Jadi, ada rencana outing kemana tahun 2024 ini?