Uncategorized

BUKAN SAGE! BERIKUT TREND BAJU LEBARAN 2024

Tidak terasa hari raya idul fitri sebentar lagi. Setelah sebulan penuh menjalani ibadah puasa di bulan ramadhan dengan menahan hawa nafsu, lapar dan haus akhirnya hari kemenangan pun tiba. Pada hari raya, biasanya semua orang akan mengenakan pakaian baru sebagai bentuk merayakan hari raya.

Karena sudah menjadi hal yang lumrah dan tradisi yang ada setiap hari lebaran, semua brand pakaian, sepatu dan lainnya banyak membuat desain khusus untuk hari raya idul fitri. Tak hanya itu, berbagai promo dan diskon juga banyak lho! Karena untuk mendukung tradisi membeli baju lebaran ini. Selain itu, perputaran ekonomi menuju lebaran terbilang cukup baik, karena banyak pekerja yang menerima uang bonus THR khusus mereka belanjakan untuk kebutuhan lebaran, sehingga transaksi jual-beli terjadi.

Nah, karena sudah menjadi tradisi. Tak heran, setiap tahunnya lebaran memiliki tema tersendiri dari pakaiannya. Contoh, di tahun 2023 trend baju lebaran warna sage green atau hijau sage.

Untuk tahun ini, apa ya model baju lebaran yang akan trend?

Trend Warna Baju Lebaran 2024

1. Putih

Warna satu ini gak perlu kamu raguin lagi deh, pasti setiap tahun selalu ada orang-orang yang menggunakan baju bewarna putih, apalagi warna putih melambangkan arti suci sesuai dengan nilai hari raya lebaran ini untuk mensucikan hati. Meskipun sederhana, warna ini dapat membuatmu terlihat lebih elegan dan karismatik.

2. Millennial Pink

Utamanya di kalangan gen Z dan Milenial, warna lembut ini menjadi tren untuk busana lebaran 2024 lho! Walaupun sebelumnya warna ini sudah cukup trend di tahun 2014 hingga 2017. Namun, warna ini akan kembali trend tahun 2024 karena cocok untuk berbagai orang dengan berbagai tone kulit.

3. Sky Blue

Setelah pemilu 2024, warna biru prabowo atau sky blue kian populer di kalangan masyarakat. Hal itu karena warna ini menjadi warna utama untuk pakaian kampanye pasangan Prabowo-Gibran. Di luar soal kampanye, warna ini memiliki citra yang ceria, menyegarkan, memberikan kesan lembut dan menenangkan pada penampilanmu.

4. Peach Fuzz

Warna ini menjadi trend warna 2024 menurut prediksi trend forecaster lho! Warna ini merupakan perpaduan warna merah muda yang lembut dan oranye kalem. Selain memberikan kesan hangat, warna ini juga sangat cocok untuk anak perempuan, orang dewasa dan anak muda.

5. Rugby Tan

Adalah warna krem beige dengan sedikit sentuhan rose gold. Warna ini netral banget dan memang masuk ke dalam jenis pastel yang lembut. Warnanya jika kamu lihat sekilas bernuansa krem, sehingga untuk kamu padukan warnanya cukup mudah, kamu bisa menggunakan bawahan yang berwarna terang.

Selanjutnya, jika kamu masih bingung untuk memilih model untuk hari raya nanti, berikut rekomendasi baju lebaran khusus wanita yang bisa kamu gunakan baik untuk non hijab dan hijab ya. Ada apa aja ya?

Model Baju Lebaran 2024!

1. Abaya

Baju satu ini merupakan busana ala Timur Tengah yang kini juga menjadi tren di Indonesia. Busana ini sejenis gaun atau jubah yang khas dengan potongan lebar. Ada banyak jenis abaya, salah satunya seperti gambar di atas yang khas dengan bagian depan yang terbuka seperti cardigan.

2. Gamis atau Kaftan

Gamis mengesankan gaya yang anggun, elegan dan mewah. Bahan kain satu ini halus dan tidak transparan. Banyak warna yang cocok untuk gamis kaftan ini. Misal, kamu bisa menggunakan kaftan warna cerah lalu padukan dengan hijab warna pastel.

Walaupun terlihat seperti baju yang cocok untuk perempuan berhijab, bagi kamu yang non-hijab kamu tetap akan terlihat cocok lho menggunakan baju ini, cukup dengan menambahkan bros di tengah untuk mempercantik tampilan kamu.

3. Tunik

Tunik biasanya memiliki panjang ke bawah hingga pinggul atau betis. Pakaian ini bisa kamu padukan dengan celana panjang atau kulot. Dengan desain yang cukup beragam seperti batik, bunga dan potongannya yang cukup unik seperti memiliki lengan balon yang bisa kamu gabungkan dengan belt untuk membentuk badan.

4. Gamis Linen

Bahan linen ini terbuat dari serat alami yang diekstraksi dari tanaman linen (Linum usitatissimum). Sangat nyaman kamu pakai karena memiliki kualitas yang tinggi, kuat dan dingin, serta mampu menyerap keringat. Bahan linen juga cenderung ringan dan mudah jatuh. Berbagai kelebihan ini membuat gaun linen cocok untuk kamu kenakan saat bersilaturahmi ke rumah sanak saudara.

5. Gaun Plisket

Gaun ini menarik digunakan untuk baju lebaran wanita. Polanya yang berlipat-lipat membuat kamu tampak feminim dan elegan. Bahan yang digunakan antara lain satin atau sifon yang lembut dan nyaman digunakan.

6. Midi Dress

Midi dress memiliki ciri khas potongan di sekitar betis. Bagian atasnya bisa dibuat beraneka desain, seperti model berkerah, kerah O atau V berlengan pendek maupun panjang. Untuk wanita berhijab, kamu bisa memadukannya dengan celana panjang. Jika berlengan pendek, bisa dipadukan dengan manset. Midi dress ini termasuk kategori dress semi formal, selain kamu gunakan untuk datang ke sanak saudara saat hari raya nanti, baju ini juga cocok untuk pergi kerja lho!

7. Gamis Shimmer Silk

Model pakaian satu ini juga jadi trend fashion sekarang. Dengan bahan silk yang jatuh dan memiliki permukaan glossy memberikan kesan mewah pada pemakainya.

8. Gamis Brokat

Brokat adalah kain dekoratif yang dipenuhi pola-pola tertentu, seperti bunga atau lainnya.Untuk gamis, kain brokat biasa dipadukan dengan furing penuh sehingga tidak transparan.

9. Abaya Kaos

Sama dengan model abaya pada umumnya, yaitu memiliki potongan yang cukup lebar dan longgar. Hanya saja pembedanya, abaya satu ini terbuat dari bahan kaus katun sehingga terasa sejuk dan menyerap keringat. Baju ini cocok kamu kenakan saat lebaran, mengingat saat lebaran banyak aktivitas yang kamu lakukan.

10. Floral Dress

Dress dengan motif bunga-bunga ini juga cukup trend di pasaran, inspirasi outfit ini biasanya dari ootd orang-orang korea. Dress ini juga punya banyak model, ada yang panjangnya hanya sampai betis, ada yang hingga mata kaki. Jadi untuk kamu yang hijab atau non hijab dijamin gak perlu bingung deh.

Dress ini cocok untuk kamu yang suka dengan vintage ya.

11. Blouse Satin

Jika kamu ingin tampil mewah. Selain dress satin, kamu bisa gunakan blouse atau atasan berbahan satin nih. Cocok kamu kenakan untuk acara semi-formal halal bihalal di kantor dan baju satu ini sifatnya bisa digunakan hijabers maupun non-hijab

12. Gaun Renda

Untuk kamu yang tidak ingin tampil polos, kamu bisa gunakan gaun yang dilengkapi renda. Ada berbagai motif renda yang biasa digunakan, dari daun, batik dan bunga. Kamu bisa sesuaikan dengan apa yang kamu lebih suka ya.

Nah, diatas tadi rekomendasi model fashion untuk perempuan saat lebaran nanti. Kalau untuk lelaki pasti tidak jauh-jauh saat lebaran hanya menggunakan baju koko, gamis koko atau kemeja biasa ya.

Agar hari raya terasa semakin meriah dan kamu memiliki rezeki lebih untuk orang sekitar, kamu bisa coba memberikan THR kepada anak-anak kecil dari sanak saudara atau tetanggamu di dekat rumah, kamu hanya perlu membeli amplop thr lebaran untuk mereka yang unik dan lucu. Namun, jika kamu tidak ingin memberikan mereka uang dan ingin mencoba memberikan yang lain, maka kamu bisa coba berikan bingkisan makanan atau jajanan untuk mereka yang kamu bingkis seperti jajanan saat ulang tahun. Jangan lupa lengkapi hangtag hari raya idul fitri agar semakin cantik.

Jadi, sudah tahu mau beli model baju seperti apa lebaran ini?