Printing

Pilih Material Kertas Terbaik

Material Paper Tradition Sensation Natural White

Kertas adalah salah satu material yang paling sering terpakai dalam industri digital printing. Kertas menjadi bahan karena tidak sulit mencarinya, ringan, dan cocok untuk berbagai jenis aplikasi. Namun, seperti halnya bahan lainnya. Selain itu, bahan satu ini juga memiliki banyak tipe sesuai dengan kebutuhan cetak saat itu. Tentu saja bahan yang digunakan untuk sebuah kop surat berbeda dengan kartu nama, karena berdasarkan kebutuhan juga memerlukan tipe yang berbeda. Bahan ini juga memiliki kelebihan dan kekurangan yang perlu kamu teliti sebelum memulai proses digital printing. Berikut ini adalah kelebihan dan kekurangan dari beberapa jenis kertas dalam industri digital printing:

Tipe-tipe Jenis Kertas

1. Kertas Coated

Kertas coated memiliki lapisan yang membuatnya lebih halus dan cocok untuk dicetak dengan kualitas yang tinggi. Biasanya cukup banyak peminatnya dalam industri digital printing karena hasil cetakannya yang jelas dan tajam. Selain itu, model coated juga memiliki permukaan yang rata dan mulus, sehingga menghasilkan warna yang lebih hidup dan memuaskan. Namun, model coated juga cenderung lebih mahal daripada jenis model lainnya dan kurang cocok untuk aplikasi yang memerlukan ketahanan dan kekuatan yang lebih tinggi.

2. Kertas Uncoated

Bahan uncoated tidak memiliki lapisan tambahan dan terasa lebih kasar daripada model coated. Namun, uncoated memiliki karakteristik yang membuatnya lebih tahan terhadap goresan dan lebih cocok untuk cetakan yang berisi banyak teks. Selain itu, tipe uncoated juga lebih terjangkau daripada tipe coated. Namun, hasil cetakan pada tipe uncoated biasanya kurang tajam dan detailnya kurang terlihat jika ingin membandingkan dengan tipe coated.

3. Kertas Glossy

Kertas glossy memiliki permukaan yang lebih berkilau dan menghasilkan cetakan yang sangat tajam dan hidup. Biasanya untuk mencetak gambar atau foto karena warnanya yang lebih tajam dan terlihat lebih jelas. Namun, model glossy juga cenderung lebih mahal daripada jenis lainnya dan tidak cocok untuk aplikasi yang memerlukan ketahanan dan kekuatan yang lebih tinggi.

4. Kertas Matte

Bahan matte memiliki permukaan yang lebih tidak berkilau dan menghasilkan cetakan yang lebih halus. Biasanya untuk mencetak dokumen atau karya seni yang lebih halus dan elegan. Tipe ini juga biasanya lebih terjangkau daripada model glossy. Namun, hasil cetakan pada tipe matte bisa kurang tajam dan terlihat tidak jelas daripada yang glossy.

5. Kertas Karton

Kertas karton merupakan jenis yang lebih tebal dan kuat daripada biasanya. Untuk mencetak kemasan produk atau undangan pernikahan dan sangat cocok untuk aplikasi yang memerlukan ketahanan dan kekuatan yang lebih tinggi. Namun, tipe karton biasanya lebih sulit saat proses pemotongan dan sulit untuk melipatnya, sehingga memerlukan perlakuan yang lebih hati-hati.

Kelebihan dan kekurangan yang ada dalam industri digital printing perlu kamu pertimbangkan sebelum memilih yang tepat untuk aplikasi tertentu. Memilih bahan yang sesuai akan membantu meningkatkan kualitas hasil cetakan.